Lifestyle

Siapa Abu Bakar Baasyir? Ajak Umat Islam Pilih Anies Baswedan, Pernah Sambangi Kantor Gibran Rakabuming

Wanderviews.com – Abu Bakar Baasyir menuai sorotan usai rekaman suaranya mengundang umat Islam untuk memilih calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan di tempat Pilpres 2024 beredar pada media sosial.

Dalam rekaman pendapat tersebut, Abu Bakar Baasyir awalnya mengatakan Pilpres sebagai sebuah alat, sehingga tak hambatan apabila umat Islam terlibat berpartisipasi di kontestasi dengan tujuan membela Islam.

“Jadi kita perlu mengikut Pilpres ini untuk membela Islam. Caranya yaitu memilih presiden yang paham Islam,” kata Baasyir disitir dari unggahan TikTok @/aniesvisioner, Awal Minggu (15/1/2024).

Abu Bakar Ba’asyir lantas mengatakan jikalau kandidat calon presiden yang mana paham ajaran agama Islam hanya saja Anies Baswedan. Ia pun memohonkan agar muslim dan juga muslimah Tanah Air memilih pasangan calon nomor urut 1.

“Calon presiden kita yang mana paham Islam hanya saja satu, yaitu yang digunakan nomor satu namanya Anies Baswedan. Itu yang mana wajib kita pilih,” beber Baasyir.

Atas hal ini, siapa Abu Bakar Baasyir?

Terpidana perkara terorisme, Abu Bakar Baasyir dengan pengawalan petugas pada waktu tiba untuk menjalani pemeriksaan kondisi tubuh di dalam RSCM Kencana, Jakarta, Kamis (1/3).
Terpidana tindakan hukum terorisme, Abu Bakar Baasyir dengan pengawalan petugas ketika tiba untuk menjalani pemeriksaan kemampuan fisik di dalam RSCM Kencana, Jakarta, Kamis (1/3).

Abu Bakar Baasyir bin Abu Bakar Abud merupakan seseorang pendakwah kelahiran Jombang, pada 17 Agustus 1938. Ia adalah pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mu’min yang mana ada di tempat Ngruki, Sukoharjo.

Pendakwah berusia 85 tahun ini juga merupakan tokoh muwahiddin di area Indonesia yang tersebut beraliran Jihadisme Salafi, aliran yang dianggap mempunyai keterkaitan dengan beberapa insiden dan juga aksi terorisme di area Tanah Air.

Pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia (MUI) ini miliki riwayat lembaga pendidikan yang mana moncer. Ia pernah menimba ilmu sebagai santri pada Pondok Pesantren Gontor di tempat tahun 1959. Ia juga sempat berkuliah dalam Fakultas Dakwah Universitas Al-Irsyad Solo pada tahun 1963.

Ia mengawali karier sebagai manusia aktivis Himpunan Mahasiswa Islam Solo. Selain itu, Abu Bakar Baasyir juga pernah menjabat sebagai sekretaris hingga ketua di area beberapa himpunan pelajar Islam lainnya.

Pada bulan November 2023, Abu Bakar Baasyir sempat menghebohkan masyarakat gara-gara mengunjungi Gibran Rakabuming Raka di tempat Balai Perkotaan Solo. Rupanya, ia ingin menyampaikan nasihat terhadap calon perwakilan presiden nomor urut 2 tersebut.

Lebih lanjut, Abu Bakar Baasyir sempat terlibat beberapa jumlah kontroversi. Mulai dari menolak menolak asas Pancasila, dituduh menjadi dalang aksi teror bom Bali di dalam tahun 2002, hingga pernah dipenjara dalam Era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button