Ekonomi

E2S Award 2023: Apresiasi untuk Pemimpin juga Pelaku Industri ESDM Berdedikasi

Wanderviews.com – Energy and Ekstraksi Editor Society (E2S), paguyuban para editor juga wartawan senior media nasional yang mana berkhidmat di area sektor energi serta sumber daya mineral, mengadakan E2S Award 2023.

Chief Executive Officer (CEO), Corporate Secretary, Spokesperson, lalu CSR-CID Manager perusahaan di area sektor Tenaga dan juga Informan Daya Mineral Terbaik diberikan penghargaan menghadapi prestasi dan juga dedikasi dalam bidangnya masing-masing. Selain itu, beberapa perusahaan juga diberikan penghargaan menghadapi Rencana Inovasi Sosial yang mana dinilai terbaik.

Dudi Rahman, Chairman E2S, mengucapkan terima kasih untuk semua penerima penghargaan E2S Award 2023. Para peraih E2S Award adalah pemimpin kemudian pelaku yang sudah pernah berdedikasi untuk mengembangkan sektor ESDM di area Indonesia.

“Upaya keras juga pengembangan pemimpin puncak juga profesional persembahkan, sudah membantu menciptakan inovasi positif yang mana berdampak jangka panjang, tiada semata-mata bagi perusahaan, tetapi juga bagi sektor ekonomi serta rakyat kita,” ujar Dudi ketika memberikan sambutan pada E2S Award E2S Award 2023 serta diskusi bertema “Transisi Tenaga di area Indonesia: Perspektif juga Kesempatan Bagi Pengelolaan Industri ESDM yang Berkadilan” ditulis Mulai Pekan (15/1/2024).

Hadir pada acara yang dimaksud Sekjen Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, para CEO, corporate secretary, spokeperson lalu manajer CSR Organisasi dan juga para editor.

Dudi mengatakan, E2S Award dilakukan untuk kali ketiga. Penganugerahan ini adalah apresiasi dari para editor melawan pencapaian luar biasa perusahaan-perusahaan lalu individu yang telah lama mengawasi di hal inovasi, tata kelola sumber daya alam juga lingkungan, dan juga perubahan fundamental sektor ESDM dalam Indonesia.

“Anugerah E2S adalah simbol pengakuan berhadapan dengan kerja keras, visi, dan juga komitmen Anda semua pada mendirikan masa depan yang tersebut berkelanjutan untuk negara kita,” jelas dia.

Para penerima penghargaan, lanjut Dudi, mewakili tonggak prestasi di berbagai aspek sektor ESDM. Dari pengembangan teknologi terbarukan hingga praktik tata kelola yang mana berkesinambungan, dari upaya konservasi lingkungan hingga kontribusi pada sektor ekonomi nasional, setiap penerima penghargaan sudah berperan penting pada mewujudkan inovasi positif.

Namun, Dudi menambahkan, anugerah E2S juga adalah pengingat bahwa perjalanan menuju keberlanjutan kemudian keadilan pada sektor ESDM masih sangat jauh dari selesai.

“Hari ini, kita merayakan pencapaian serta mengakui bahwa masih banyak pekerjaan yang dimaksud harus dilakukan. Hal ini adalah undangan untuk terus berinovasi, berkolaborasi, kemudian berazam untuk menjadikan sektor ESDM di tempat Indonesia sebagai yang mana terbaik pada level regional,” katanya.

Lili Hermawan, Ketua Dewan Juri E2S Award, mengungkapkan peraih E2S Award 2023 sudah menyeberangi proses, tahapan seleksi serta memenuhi kriteria-kriteria khusus.

“Namun, memang benar kami tak mengundang pejabat, korporasi, BOD atau person tertentu untuk melakukan pendaftaran, presentasi atau wawancara khusus,” kata Lili.

Menurut dia, pemilihan peraih E2S Award dilaksanakan melalui sebagian tahapan. Pertama, pemantauan pemberitaan selama setahun penuh. Hal ini dilaksanakan oleh para editor untuk menjaring banyak kandidat dari sektor migas, listrik, minerba kemudian jasa tambang sehingga dihasilkan sebuah daftar panjang para calon peraih penghargaan.

Pengusulan atau penjaringan kandidat peraih penghargaan oleh editor didasarkan pada kriteria tujuh kriteria, yakni pencapaian kinerja di area Laporan Tahunan (Annual Report) serta Laporan Keberlanjutan (Sustainbalility Report) Perusahaan.

Selain itu, siaran pers tentang kinerja dan juga aksi korporasi perusahaan, khususnya yang terkait dengan isu transisi energi juga green energy kemudian jumlah kali kemunculan pada pemberitaan media, dan juga penghargaan dari sebagian lembaga nasional serta internasional.

Dewan juri juga melakukan pemantauan lapangan ketika media visit serta hasil PROPER 2023 dari Proving League acara tahunan E2S yang dimaksud terkait dengan acara pembaharuan sosial dari perusahaan kandidat Proper Emas sebelum pelaksanaan acara PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup dan juga Kehutanan (KLHK).

Tahap kedua, kata Lili, adalah memerpendek daftar yang disebutkan melalui proses nominasi yang dimaksud didasarkan pada penyebaran angket untuk para editor yang tersebut dilaksanakan pada Kuartal IV-2023. Angket yang dimaksud kemudian diolah atau dikaji oleh panel Dewan Juri yang tersebut terdiri dari editor senior.

Panel Dewan Juri kemudian menetapkan daftar para calon peraih penghargaan E2S Award 2023 berdasarkan kategori tertentu yakni: pimpinan Terbaik, Corporate Secretary Terbaik, Spokesperson Terbaik, CSR-CID Manager Terbaik, dan juga Porgram Inovasi Sosial Terbaik.

Pada tahap ketiga diadakan assurance atau quality control. Dewan Juri mendiskusikan daftar calon peraih penghargaan dengan beberapa pakar lalu akademisi dan juga melakukan pengamatan terkait isu-isu yang dimaksud tumbuh di dalam sektor ESDM yang mana kemungkinan besar terkait dengan penerima E2S Award 2023.

“Dengan demikian, penghargaan akan dapat diterima di area tangan yang tersebut tepat,” kata Lili.

Dadan Kusdiana, Sekjen Kementerian ESDM, di sambutannya mengapresiasi pemberian penghargaan bagi pimpinan puncak juga professional terpilih. Dia berharap, hal positif dari perusahaan penerima E2S Award bisa jadi menjadi lesson learned bagi perusahaan lain.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button