Lifestyle

Surat Al Maidah Ayat 11: Asbabun Nuzul, Arab serta Latin

Wanderviews.com – Surat Almaidah Ayat 11 ramai dalam media sosial. Ayat ini kemudian dikaitkan dengan asbabun nuzul atau sebab – sebab terjadinya sesuatu. Secara harfiah, asbabun nuzul diartikan sebagai sebab – sebab turunnya Al – Qur’an.

NU Online menyebutkan Asbabun Nuzul dapat dikatakan sebagai sejarah turunnya sebuah ayat Al-Qur’an. Bisa juga dikatakan sebab-sebab turunnya ayat Al-Qur’an. Sebab-sebab yang digunakan dimaksud yang dimaksud dapat merupakan tempat, waktu, serta peristiwa.

Ganjar Pranowo kemudian Anies Baswedan sebelumnya menyematkan nilai jeblok terhadap Kementerian Defense (Kemenhan) yang tersebut dipimpin oleh Capres Prabowo Subianto. Ganjar sempat ditanya oleh Anies mengenai nilai Kemenhan pada debat ketiga. Dia pun memberikan nilai lima. 

Mantan Gubernur Jawa Tengah yang disebutkan kemudian bertanya balik ke Anies berapa nilai yang mana diberikan. Politikus yang mana pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Ibukota Indonesia itu menyematkan nilai 11 dari 100. Netizen pun menanggapi nilai jelek ini dengan surat Almaidah ayat 11.

Seorang warganet @nia.manda27 dalam TikTok menyebutkan surat kelima pada kitab suci umat muslim itu berkaitan dengan fenomena ini. Video yang disebutkan merebak juga dibagikan ulang, salah satunya oleh akun @terang_media di dalam Instagram.

Berikut ini isi Al-Quran Surat Al-Maidah ayat 11:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ هَمَّ قَوْمٌ اَنْ يَّبْسُطُوْٓا اِلَيْكُمْ اَيْدِيَهُمْ فَكَفَّ اَيْدِيَهُمْ عَنْكُمْۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَۗ وَعَلَى اللّٰهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُوْنَࣖ ۝١١

yâ ayyuhalladzîna âmanudzkurû ni‘matallâhi ‘alaikum idz hamma qaumun ay yabsuthû ilaikum aidiyahum fa kaffa aidiyahum ‘angkum, wattaqullâh, wa ‘alallâhi falyatawakkalil-mu’minûn

Artinya: “Wahai orang-orang yang digunakan beriman, ingatlah nikmat Allah (yang dianugerahkan) kepadamu ketika suatu kaum bermaksud hendak menyerangmu dengan tangannya, lalu Dia menahan tangan (mencegah) dia dari kamu. Bertakwalah untuk Allah dan juga hanya sekali untuk Allahlah hendaknya orang-orang mukmin itu bertawakal”.

Warganet mengaitkan apabila ucapan dari Anies serta Ganjar merupakan petunjuk langit untuk Prabowo Subianto di pencalonannya sebagai presiden. Namun, ucapan Ganjar lalu Anies untuk Prabowo hanyalah kebetulan semata dan juga tidak ada berkaitan dengan surat Al Maidah ayat 11.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button