Lifestyle

Bacaan Niat Puasa Rajab Sekaligus Puasa Awal Minggu Kamis Lengkap

Wanderviews.com – Siklus Rajab salah satu bulan haram (bulan yang tersebut dimulaikan). Pada bulan tersebut, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah Rajab. Adapun niat puasa Rajab sekaligus puasa senin kamis yakni sebagai berikut.

Diketahui, 1 Rajab 1445 H bertepatan dengan 13 Januari 2024. Melaksanakan puasa Rajab bisa jadi dijalankan pada pertengah bulan Rajab yakni 13, 14, serta 15 atau seperti puasa Ayyamul bidh. Selain itu, puasa Rajab juga bisa saja dilaksanakan pada hari Mulai Pekan juga Kamis.

Untuk hukum melaksanakan puasa Rajab atau puasa Hari Senin Kamis pada bulan Rajab hukumnya sunnah. Namun jikalau kamu melaksanakan puasa qadha Ramadhan di tempat bulan Rajab, maka hukumnya menjadi wajib.

Nah untuk selengkapnya, simak berikut ini bacaan niat puasa Rajab sekaligus puasa senin kamis lengkap dengan hukum, doa mengungkap puasa, kemudian keutamaan puasa Rajab yang tersebut dilansir dari berbagai sumber.

Niap Puasa Rajab lalu Puasa Mulai Pekan Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Rajaban lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari akibat Allah SWT”

Bagi yang lupa membaca niat puasa pada malam, maka sanggup membaca niat pada pagi hari. Adapun bacaan niatnya seperti berikut ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma hadza al-yawmi ‘an adaa’i sunnati Rajab lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Rajab hari ini lantaran Allah SWT”

Sebelumnya sudah pernah disebutkan bahwa puasa Rajab juga mampu dijalankan seperti ketika melaksanakan puasa sunnah Hari Senin kemudian Kamis. Untuk niat puasa Rajab pada hari Senin, berikut ini bacaan niatnya.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma yaumil itsnaini lillahi ta’ala

Artinya: Aku berniat puasa sunah hari Awal Minggu akibat Allah ta’ala

Sedangkan untuk bacaan niat puasa Rajab pada hari Kamis yakni sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِي يَوْمِ الْحَمِيْسِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma gadin fi yaumil-khamisi sunnatan lillāhi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa pada hari Kamis sunnah dikarenakan Allah Ta’ala.

Bacaa Doa Buka Puasa

Setelah melaksanakan puasa sunnah Rajab dari terbit fajar hingga terbenam matahari, maka saatnya waktu untuk berbuka. Saat berbuka puasa, disunnahkan juga untuk membaca doa menerbitkan puasa. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, serta berhadapan dengan rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Keutamaan Puasa Rajab

Puasa Rajab mempunyai beberapa keutamaan, salah satu yaitu diberikan nikmat surga oleh Allah SWT. Ini adalah tertuang pada hadis Rasulullah SAW yang tersebut diriwayatkan oleh Imam Bukhari serta Imam Muslim berikut ini

“Bahwasanya pada surga ada sebuah sungai Rajab, airnya putih melebihi susu, manis melebihi madu, siapa yang tersebut puasa sehari di area bulan Rajab, pasti Allah memberinya minum dari sungai (bengawan) tersebut” (HR. Bukhari kemudian Muslim).

Selain itu, puasa Rajab juga mempunyai keutamaan lainnya seperti yang mana tertuang di Al Quran Surat At-Taubah ayat 36 yang tersebut bunyi ayatnya sebagai berikut:

Inna ‘iddatasy-syuhuri ‘indallahitsna ‘asyara syahran fi kitabillahi yauma khalaqas-samawati wal-ardla min-ha arba’atun ḫurum, dzalikad-dinul-qayyimu fa la tadhlimu fihinna anfusakum wa qatilul-musyrikina kaffatang kama yuqatilunakum kaffah, wa’lamu annallaha ma’al-muttaqin.”

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit serta bumi, dalam antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang mana lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), lalu perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana merekan pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah dengan orang-orang yang bertakwa.”

Demikian ulasan mengenai niat puasa Rajab sekaligus puasa Mulai Pekan Kamis lengkap dengan hukum, doa mengakses puasa, juga keutamaan puasa Rajab. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button