Teknologi

Hujan Hampir Sepanjang Hari pada Ibukota Indonesia juga Sekitarnya, Sangat Lebat pada Ciputat kemudian Cilandak

Jakarta – Seluruh 20 stasiun pencatat curah hujan yang dimiliki BMKG di dalam Ibukota kemudian sekitarnya mencatatkan data hujan Hari Sabtu lalu, 6 Juni 2024, tergolong lebat lalu sangat lebat. Hujan turun hampir sepanjang hari hingga menyebabkan banjir di dalam banyak lokasi, kemudian bahkan tanah longsor. Muncul pula trending topic ‘hujan’ dan juga ‘dingin’ di media sosial karenanya. 

Data BMKG mencatatkan total hujan yang tercurah mulai dari pukul 7 pada Sabtu, 6 Juni 2024, sampai pukul 7 keesokan harinya, Akhir Pekan 7 Juli 2024. Terungkap hujan sangat lebat lewat pencatatan pada Stasiun Klimatologi Banten yang berlokasi ke Ciputat, Tangerang Selatan, dan juga Stasiun Pompa Poncol pada Cilandak, DKI Jakarta Selatan.

Angkanya tiap-tiap 108,5 serta 105,0 mm. Menurut BMKG, curah hujan 100-150 mm per hari tergolong hujan sangat lebat. 

Sisa stasiun lainnya mencatatkan curah hujan yang mana tergolong lebat. Kisarannya 50-100 mm sepanjang periode pukul 7 Hari Sabtu sampai pukul 7 keesokan harinya. Mereka antara lain Stasiun Sunter Hulu yang tersebut mencatatkan curah hujan sebesar 90,0 mm per hari, Pompa Perdatam 88,0 mm per hari, Stasiun Cuaca Otomatis TMII 83,0 mm per hari, dan juga Pakubuwono 81,0 mm per hari.

Pekerja membersihkan material longsor tebing Tol Bintaro, Jakarta, Hari Sabtu 6 Juli 2024. BPBD DKI Ibukota menyatakan longsor yang disebutkan dipicu akibat hujan deras yang mana mengguyur wilayah setempat. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Sebelumnya, BMKG mengutarakan bahwa Juli ini, juga Agustus nanti, adalah puncak musim kemarau dalam sebagian besar wilayah Indonesia. Namun ditekankan pula bahwa bukanlah berarti bukan turun hujan.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani mengatakan, kombinasi pengaruh fenomena-fenomena cuaca yang dimaksud diprakirakan mengakibatkan peluang hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang tersebut disertai kilat/angin kencang pada sebagian besar wilayah Indonesia pada 5-11 Juli 2024. Itu sebabnya, sekalipun sedang musim kemarau, warga diminta masih waspada banjir, longsor, banjir bandang.

Artikel ini disadur dari Hujan Hampir Sepanjang Hari di Jakarta dan Sekitarnya, Sangat Lebat di Ciputat dan Cilandak

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button