Teknologi

Bukan 5G, Korut Akhirnya Gunakan Jaringan 4G

Wanderviews.com – Saat negara-negara di dalam dunia mulai menggunakan jaringan 5G, Korea Utara akhirnya beralih dari internet 3G ke 4G setelahnya bertahun-tahun lamanya. Korut dilaporkan mengimpor peralatan bekas buatan perusahaan jika China, Huawei.

Peralihan dari 3G ke 4G ini sudah ada dimulai pemerintahan Korut sejak Oktober 2023 lalu. Kala itu merekan telah mencanangkan untuk merombak infrastruktur jaringan 3G lalu menetapkan landasan layanan 4G.

Adapun kota-kota pertama yang menerima jaringan 4G dalam Korut yakni Pyongyang, Nampo, Pyongsong, Sariwon, Wonsan, juga Hamhung, sebagaimana dikutipkan dari Gizmochina, Hari Minggu (14/1/2024).

Peningkatan dari 3G ke 4G ini mencakup pemasangan repeater 4G, monitor jarak jauh, lalu amplifier untuk transmisi juga penerimaan radio, juga kontrol pemrosesan sinyal yang digunakan diperbarui di dalam base transceiver station (BTS).

Laporan dari media lokal menyebutkan kalau pemerintah sudah ada mulai memulai pembangunan menara BTS 4G di area beberapa wilayah Korut. Rencananya, dia akan segera menyelesaikan lebih banyak dari 80 persen menara di tempat tahun 2025 mendatang.

Untuk pada waktu ini, jaringan 4G masih terbatas di tempat distrik pusat Pyongyang, ibu kota Korea Utara.

Berdasarkan pengakuan warga sekitar, mereka itu yang dimaksud telah berlangganan 4G mengakui kalau sinyal internet sangat bagus. Mereka tiada mengalami gangguan pada waktu menjelajahi internet atau menonton video.

Hanya belaka narasumber yang tersebut tidaklah menyebutkan namanya itu menyatakan kalau sinyal masih terbatas lalu kerap melemah signifikan apabila sangat dari lokasi.

Faktor itulah yang digunakan menciptakan banyak warga Korut enggan beralih ke 4G. Lebih lagi, ponsel merek juga tidaklah secara otomatis dengan segera pindah dari 3G ke 4G.

Diketahui dari keseluruhan 26,2 jt total penduduk Korea Utara, belaka 28,3 persen yang digunakan sudah ada menikmati koneksi telepon. Hal ini menandakan kalau Korut memang sebenarnya tertinggal terpencil dari negara-negara lain untuk mengadopsi tren global dan juga masih menggunakan generasi lama.

Korea Utara sendiri baru memasuki jaringan 2G di dalam tahun 2022, berjauhan setelahnya negara-negara lain sudah ada menggunakan 3G. Tampaknya peralihan ke 4G ini juga mengikuti pola mirip dengan 3G, begitu pula dengan 5G ke depannya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button