Ekonomi

Top! KB Bank Dapat Peringkat BBB Outlook Stabil dari Fitch Ratings

Wanderviews.com –

Jakarta – Lembaga pemeringkat PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch) menyematkan peringkat internasional level ‘BBB’ dengan outlook stabil untuk KB Bank (BBKP). Peringkat yang dimaksud diberikan ini setara dengan Sovereign Credit Rating Indonesia (Rating Internasional) yang tersebut diinformasikan pada Maret 2024 lalu.

Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong menyatakan peringkat ini berkat dukungan induk usaha KB Bank, yaitu KB Financial Group (KBFG). Pendukung KBFG menjadi salah satu faktor yang mana menjadikan KB Bank satu dari segelintir institusi perbankan dalam Indonesia yang digunakan meraih peringkat internasional setara dengan Sovereign Credit Rating Indonesia ini. Apalagi, pada April 2024, Fitch telah terjadi mempertahankan peringkat nasional KB Bank pada level tertinggi ‘AAA’ dengan outlook stabil.

“Peringkat internasional yang diterbitkan oleh Fitch ini mengukuhkan kepercayaan oleh para pemangku kepentingan di dalam ranah internasional terhadap upaya perbaikan fundamental juga peningkatan berkelanjutan dari KB Bank,” jelas Robby di keterangan resmi, Kamis (6/6/2024).

Proses pemeringkatan yang tersebut dijalankan oleh Fitch didasarkan pada informasi faktual dari berbagai sumber kredibel juga terverifikasi. Sebelumnya, Fitch telah dilakukan mengafirmasi peringkat nasional KB Bank dengan peringkat tertinggi untuk emiten dengan tingkat risiko gagal bayar paling rendah. Peringkat ini juga menggambarkan stabilitas keuangan KB Bank juga komitmennya terhadap praktik-praktik perusahaan berkelanjutan.

Saat ini, kinerja KB Bank terus menunjukkan beberapa jumlah perbaikan, pada mana peningkatan kredit baru KB Bank mencapai 114,3% secara year-on-year. Pencapaian ini juga mampu diimbangi dengan perbaikan dari segi beban, dalam mana beban bunga kemudian beban operasional masing-masing tercatat turun 2,1% dan juga 12,4% secara year-on-year.

Dengan perbaikan kinerja ini, KB Bank berhasil meningkatkan Net Interest Margin (NIM) menjadi 0,9% pada kuartal I 2024 dari sebelumnya 0,7% pada periode yang tersebut sejenis tahun sebelumnya. Selain itu, KB Bank juga berhasil memperbaiki rasio kredit kualitas rendah atau loan at risk (LAR) menjadi 34,3% pada kuartal I 2024 dari 50,3% pada periode yang dimaksud serupa tahun sebelumnya. Hingga April 2024, rasio LAR tercatat terus membaik hingga 26,9%.

Selain pembaharuan fundamental, tahun ini KB Bank juga memiliki target perkembangan kinerja melalui ekspansi kredit yang mana dijalankan. Segmen korporasi atau wholesale menjadi anchor pada upaya mengupayakan pertumbuhan ini dengan menciptakan lingkungan usaha bagi segmen UMKM lalu ritel.

“Dengan tambahan peringkat internasional dari Fitch, KB Bank semakin optimis untuk terus memperbaiki kinerja kemudian mengejar target-target pertumbuhan secara berkesinambungan,” pungkas Robby.

 

Artikel Selanjutnya Cek Bocoran OJK Korea, Induk Usaha KB Bank Nomor 1 di tempat Hanguk

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button