Lifestyle

Kaya atau Miskin Bisa Terbaca dari Wajah, Ini adalah Risetnya

Wanderviews.com –

Jakarta – Kekayaan tidak hanya sekali terlihat dari barang yang tersebut menempel pada tubuh. Sebuah laporan menemukan bahwa wajah seseorang bisa saja memperlihatkan tingkat kemampuan secara finansial.

Laporan itu berdasarkan sebuah studi yang dimaksud diterbitkan Journal of Personality and Social Psychology pada 2018.

“Hubungan antara kekayaan dan juga kelas sosial sudah ada banyak dibahas di penelitian terdahulu. Namun studi ini menemukan bahwa perbedaan kekayaan seseorang mampu tercermin dari wajah setiap orang,” ujar R-Thora Bjorsdottir, peneliti studi yang disebutkan seperti dilansir dari CNBC Make It.

Studi itu menyajikan 80 foto pria dan juga perempuan hitam putih dengan ekspresi netral kemudian tanpa aksesoris. Setengah dari subjek adalah warga kelas berhadapan dengan kemudian sisanya kelas pekerja.

Foto itu ditunjukkan untuk orang lain untuk menebak status sosial dari masing-masing subjek. Hasilnya 68% menjawab dengan benar.

“Ketika ditanya bagaimana caranya, dia tiada tahu. Mereka tak menyadari bagaimana merek dapat menebaknya dengan benar,” kata Bjornsdottir.

Berikutnya ciri wajah tiap subjek diperbesar dengan memperlihatkan mata serta mulut. Mereka yang tersebut bergabung penelitian masih mampu menebak dengan benar.

Menurut para peneliti, emosi bisa jadi terlihat dari wajah seseorang. Kontraksi otot tertentu sanggup merubah struktur wajah yang tersebut bisa saja dilihat orang lain.

“Seiring waktu, wajah Anda secara permanen mencerminkan serta mengungkapkan pengalaman Anda. Bahkan ketika kita berpikir kita tiada mengekspresikan sesuatu, ekspresi emosi itu masih ada di area sana,” ungkap salah seseorang peneliti lainnya, Nicholas O. Rule.

“Persepsi kelas sosial berbasis wajah mungkin saja memiliki konsekuensi hilir yang penting. Orang-orang berbicara tentang siklus kemiskinan lalu ini berpotensi menjadi salah satu penyebabnya,” imbuh Rule.

Penelitian yang disebutkan juga menyatakan secara umum orang kaya lebih lanjut bahagia lalu tidak ada cemas. Ini adalah berbeda dengan mereka yang digunakan masih harus berjuang untuk memenuhi keperluan hidup dasarnya.


Artikel Selanjutnya Terbukti Ilmiah, Tempat Tidur yang mana Begini Bikin Wajah Keriput

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button