Lifestyle

9 Cara Ampuh Turunkan BB Tanpa Olahraga, Sudah Terbukti Ilmiah!

Wanderviews.com –

  • 1. Kunyah makanan secara menyeluruh kemudian pelan-pelan
  • 2. Gunakan piring kecil untuk makanan berkalori tinggi
  • 3. Makan banyak protein
  • 4. Siapkan makanan dari rumah
  • 5. Konsumsi makanan kaya serat
  • 6. Minum air putih secara teratur
  • 7. Makan tanpa gangguan alat eletronik
  • 8. Tidur nyenyak lalu hindari stres
  • 9. Hindari minuman manis

Jakarta – Memiliki berat badan ideal dengan bonus hidup lebih tinggi sehat menjadi impian berbagai orang. Untuk mewujudkannya, ada beberapa hal biasa diadakan seperti olahraga juga diet sehat.

Namun, bagi beberapa orang, menjalani diet ketat lalu olahraga bisa jadi begitu menyiksa. Kabar baiknya, ada metode lain yang mana dapat membantu menurunkan berat badan tanpa olahraga atau rencana diet tertentu.

Berikut adalah cara efektif menurunkan berat badan tanpa diet tanpa dan juga olahraga menurut sains dilansir Healthline.

1. Kunyah makanan secara menyeluruh kemudian pelan-pelan

Otak memerlukan waktu untuk memproses bahwa Anda sudah ada cukup makan. Mengunyah makanan secara menyeluruh menyebabkan Anda makan lebih banyak lambat. Kebiasaan ini berhubungan dengan penurunan asupan makanan, peningkatan rasa kenyang, serta makan dengan porsi yang digunakan lebih besar kecil.

Seberapa cepat Anda menyelesaikan makan juga dapat memengaruhi berat badan Anda. Sebuah tinjauan terhadap delapan penelitian melaporkan bahwa orang yang digunakan makan secara perlahan miliki indeks massa tubuh (BMI) yang dimaksud terpencil lebih lanjut rendah dibandingkan orang yang makan cepat.

Untuk membiasakan makan tambahan lambat, mungkin saja ada gunanya menghitung berapa kali Anda mengunyah setiap gigitan.

2. Gunakan piring kecil untuk makanan berkalori tinggi

Metode makan menggunakan piring kecil sanggup berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Sebab menggunakan piring yang lebih besar kecil dapat membantu Anda makan lebih tinggi sedikit dengan memproduksi porsinya terlihat lebih tinggi besar.

Anda dapat memanfaatkan hal ini dengan menyajikan makanan padat nutrisi dan juga rendah kalori pada piring besar, dan juga makanan berkalori tinggi di dalam piring kecil.

3. Makan berbagai protein

Protein dapat meningkatkan perasaan kenyang lebih tinggi lama, menghurangi rasa lapar, dan juga membantu Anda mengonsumsi lebih besar sedikit kalori. Hal ini mungkin saja terjadi oleh sebab itu protein memengaruhi beberapa hormon yang mana berperan di rasa lapar juga kenyang, termasuk ghrelin juga glukagon-like peptida-1.

Menurut sebuah penelitian pada 105 orang, merek yang mana tambahan patuh terhadap diet tinggi protein mampu menurunkan berat badan lebih lanjut berbagai dibandingkan mereka itu yang digunakan mengikuti diet protein standar.

Jika ketika ini Anda mengonsumsi sarapan berbahan dasar biji-bijian, Anda kemungkinan besar ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan isi protein di makanan Anda.

Dalam sebuah penelitian, orang yang tersebut sarapan berprotein tinggi dengan telur dan juga roti panggang mengalami lebih lanjut sedikit rasa lapar dan juga makan tambahan sedikit kalori di tempat kemudian hari dibandingkan dengan mereka yang tersebut sarapan rendah protein dengan sereal.

Beberapa contoh makanan kaya protein antara lain dada ayam, ikan, Greek yogurt, lentil, quinoa, dan juga almond.

4. Siapkan makanan dari rumah

Memasak makanan Anda sendiri di dalam rumah adalah cara yang dimaksud bagus untuk mengonsumsi lebih besar berbagai makanan bergizi. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang menyiapkan makanan di tempat rumah cenderung mengalami kenaikan berat badan lebih banyak sedikit dibandingkan dia yang rutin makan pada luar atau mengonsumsi makanan siap saji.

Sebuah studi tahun 2017 juga menemukan bahwa perencanaan makan mungkin saja dikaitkan dengan peningkatan kualitas pola makan lalu penurunan risiko obesitas.

Cobalah menyimpan bahan-bahan padat nutrisi kemudian bereksperimen dengan beberapa resep baru setiap minggunya.

5. Konsumsi makanan kaya serat

Mengonsumsi makanan kaya serat dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu Anda merasa kenyang lebih tinggi lama.

Studi juga menunjukkan bahwa satu jenis serat, serat kental, sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Serat meningkatkan rasa kenyang serta mengempiskan asupan makanan.

Serat kental membentuk gel ketika bersentuhan dengan air. Gel ini meningkatkan waktu penyerapan nutrisi serta memperlambat pengosongan perut Anda.

Serat kental belaka ditemukan pada makanan nabati. Contohnya termasuk kacang-kacangan, sereal oat, kubis Brussel, asparagus, jeruk, dan juga biji rami. Suplemen penurun berat badan yang digunakan disebut glukomanan juga sangat tinggi serat kental.

6. Minum air putih secara teratur

Minum air dapat membantu Anda makan tambahan sedikit kemudian menurunkan berat badan, khususnya jikalau Anda meminumnya sebelum makan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum air sebelum makan menghurangi jumlah total makanan yang mana dikonsumsi, tanpa mempengaruhi rasa kenyang secara signifikan.

Studi lain menunjukkan bahwa minum 1 liter air sebelum makan menurunkan asupan kalori dan juga rasa lapar sekaligus meningkatkan rasa kenyang dan juga kepuasan.

Jika Anda mengganti minuman berkalori tinggi seperti soda atau jus dengan air, Anda kemungkinan besar akan merasakan efek yang mana lebih tinggi besar.

7. Makan tanpa gangguan alat eletronik

Memperhatikan apa yang Anda makan dapat membantu Anda mengonsumsi lebih lanjut sedikit kalori.

Orang yang makan sambil menonton TV atau bermain game komputer kerap tak sadar berapa berbagai yang tersebut sudah dia makan. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan makan berlebihan.

Sebuah tinjauan tahun 2013 terhadap 24 penelitian menemukan bahwa orang yang mana perhatiannya terganggu pada waktu makan, makan sekitar 10% tambahan banyak. Jika Anda rutin mengonsumsi makanan sambil menonton TV atau menggunakan perangkat elektronik, bisa jadi jadi Anda makan lebih tinggi banyak secara tidak ada sengaja. Kalori ekstra ini bertambah juga berdampak besar pada berat badan Anda pada jangka panjang.

8. Tidur nyenyak lalu hindari stres

Dalam hal kesehatan, orang kerap mengabaikan tidur serta stres. Faktanya, keduanya mempunyai efek kuat pada nafsu makan kemudian berat badan Anda.

Kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan, leptin kemudian ghrelin. Hormon lain, kortisol, meningkat ketika Anda stres.

Fluktuasi hormon-hormon ini dapat meningkatkan rasa lapar serta nafsu makan, sehingga menyebabkan asupan kalori lebih besar tinggi.!Terlebih lagi, kurang tidur lalu stres dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit gula tipe 2 kemudian obesitas.

9. Hindari minuman manis

Konsumsi tinggi minuman manis, seperti soda, telah lama dikaitkan dengan risiko penyakit jantung kemudian diabetes mellitus tipe 2 yang digunakan lebih lanjut tinggi.

Sangat mudah untuk mengonsumsi kelebihan kalori dari minuman manis lantaran kalori cair tiada memengaruhi rasa kenyang seperti halnya makanan padat.

Menurut sebuah meta-analisis, mengganti minuman manis dengan minuman manis rendah kalori atau tanpa kalori dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan, BMI, serta persen lemak tubuh. Pilihlah minuman rendah kalori seperti air putih juga kopi atau teh hijau biasa atau sedikit manis.

Artikel Selanjutnya Nah! Ini adalah Rahasia Diet Kahiyang Ayu Terwujud Turun 30 Kg

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button