Ekonomi

Wapres Ingatkan Kesulitan Lingkungan Bukan Hanya Tanggung Jawab Kemanusian Tapi Keagamaan

Wanderviews.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan hambatan lingkungan hidup bukanlah hanya sekali tanggung jawab kemanusiaan, tetapi tanggung jawab keagamaan. Untuk itu, permasalahan kerusakan lingkungan perlu dicegah serta diatasi bersama.

“Menurut pandangan keagamaan, permasalahan kecacatan harus dicegah, harus diperbaiki, lantaran alam ini sebenarnya telah diciptakan oleh Allah dengan ukuran yang telah tepat,” kata beliau ketika meluncurkan kegiatan “Tanara Clean Up”, dalam Taman Batu Qur’an, Masjid Syech Nawawi Tanara seperti dikutipkan pada keterangan tertulis, Mingguan (14/1/2024).

Adapun kecacatan itu, kata Wapres, disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri, padahal Allah SWT telah melarang manusia supaya tidak ada berbuat kehancuran di tempat muka bumi.

Dia menuturkan, Allah SWT dalam pada Al-Qur’an bahkan juga mencela orang-orang yang tidaklah melakukan pencegahan terhadap adanya kerusakan.

“Mengapa pada masa-masa yang mana lalu itu orang-orang yang tersebut mempunyai kekuatan, kemampuan tidak ada melarang kecacatan di tempat bumi, membiarkan, tidak ada bergabung memperbaiki, berpangku tangan terhadap bumi itu telah dicela oleh Allah, apalagi kalau merusak,” imbuh dia.

Pasalnya, sambung Wapres, tindakan pembiaran seperti itu dapat memunculkan bahaya yang digunakan besar bagi lingkungan, sementara sabda Rasulullah SAW melarang umat Islam untuk membahayakan diri sendiri kemudian juga orang lain.

“La dharara wala dhirar, jangan membahayakan diri sendiri dan juga jangan membahayakan orang lain. Merusak lingkungan membahayakan diri sendiri, membahayakan orang lain, termasuk membuang sampah sembarangan yang mana dapat memunculkan penyakit, penyakitnya kena dirinya sendiri, keluarganya, dan juga orang lain. Nah itu,” kata dia.

Oleh lantaran itu, Wapres mengemukakan bahwa menghilangkan bahaya seringan apa pun adalah bagian dari iman, misalnya menyingkirkan batu atau duri pada jalanan.

“Menyingkirkan sampah yang digunakan dibuang sembarangan, itu juga termasuk bagian dari iman. Karena apa? Karena tadi, sampah kalau dibiarkan menumpuk memunculkan bahaya,” beber dia.

Untuk itulah, Wapres menekankan, pekerjaan membersihkan lingkungan adalah minal iman, cabang dari iman.

“Ini tinjauan keagamaannya begitu. Jadi, tidak cuma kemanusiaan, tapi juga keagamaan,” pungkas dia.                                                                                                                                   

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button