Nasional

Jusuf Hamka Soroti Soal Kemiskinan kemudian Tantangan Pendidikan dalam Ibukota Indonesia

Jakarta – Pebisnis Jusuf Hamka alias Babah Alun mengungkap sebagian rencana acara kerja apabila nantinya beliau mendampingi Ketua Umum Partai Solidaritas Negara Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Pemilihan Pemuka atau Pilgub Jakarta. Dia menyoroti beberapa permasalahan di dalam Jakarta, seperti kemiskinan dan juga kesulitan memperoleh pendidikan. 

Jusuf Hamka mengumumkan gagasan mengenai memulai pembangunan Ibukota Indonesia lalu mengenal kemiskinan sudah pernah ia ungkapkan untuk Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. “Rakyat Ibukota Indonesia ini butuh transportasi gratis, sekolah gratis, dan juga keseimbangan gratis,” kata Jusuf Hamka pada waktu ditemui di kediaman Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan juga Keselamatan (Menkopolhukam) Mahfud Md dalam kawasan Kuningan, Ibukota Indonesia Selatan, Sabtu, 13 Juli 2024.

Lebih lanjut, Jusuf turut menjabarkan berubah-ubah acara yang mana beliau lakukan selama membantu masyarakat. Salah satunya memberikan makanan merupakan nasi ikterus untuk masyarakat miskin melalui Warung Babah Alun. 

Melalui acara itu, ia menyampaikan, rakyat dari kelompok miskin dapat membeli makanan dengan tarif lebih tinggi murah. Sebab, ia memberikan subsidi menghadapi makanan itu. “Saya kasih dengan biaya Mata Uang Rupiah 3 ribu daripada saudara-saudara kita makan seharga Mata Uang Rupiah 10 ribu per hari,” ujarnya. 

Hamka mengungkapkan bahwa transaksi jual beli makanan yang dimaksud ia lakukan itu turut melibatkan bidang usaha mikro kecil menengah (UMKM). Langkah itu, kata dia, dapat mempermudah kaum duafa mendapatkan makanan layak dengan mudah.  

Lebih lanjut, Hamka juga menang cita-citanya terhadap Airlangga untuk memberikan akses institusi belajar gratis bagi anak-anak di Jakarta. “Karena sekolah ini mahal sekarang, jadi disubsidi aja,” ucapnya menirukan perbincangan dengan Airlangga. 

Tak sampai di dalam situ, Hamka juga menjelaskan bahwa dirinya berikrar untuk menyejahterakan rakyat Ibukota pada waktu ditawari tiket calon delegasi gubernur oleh Airlangga. 

“Saya janjikan kesejahteraan kalian pasti lebih banyak baik,” tuturnya.

Saat ditanya masalah kesiapannya maju di Jakarta, Hamka menegaskan akan mengikuti perintah Airlangga. “Kalau saya kan loyal terhadap atasan saya,” katanya. 

Hamka juga memperkenalkan jargon yang tersebut akan digunakan apabila nanti dirinya berubah jadi pendamping Kaesang Pangarep di Pilgub Jakarta. Dia mengumumkan jargon yang dimaksud merupakan usul Airlangga Hartarto. 

“Ka’bah, Kaesang-Babah,” katanya. 

Jusuf Hamka mengunjungi kediaman mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum, juga HAM (Menkopolhukam) Mahfud Md pagi ini. Kunjungan dilaksanakan setelahnya nama Jusuf Hamka disebut oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bisa jadi menjadi pendamping Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep jikalau ingin progresif pada pemilihan kepala daerah Jakarta.

Berdasarkan pantauan Tempo, Jusuf Hamka tiba di dalam kediaman Mahfud pada kawasan Patra Kuningan pada pukul 10.00 WIB. Dia mengenakan pakaian berwarna hijau daun. 

“Silaturahmi aja,” kata Hamka untuk wartawan pada waktu ditanya tentang tujuan kunjungannya, Sabtu, 13 Juli 2024.

Setelah tiba, pria yang dimaksud dikenal sebagai bos jalan tol itu dengan segera bergegas ke di rumah Mahfud untuk berbincang. Hamka meninggalkan kediaman Mahfud pada pukul 11.30. Adapun Mahfud belum membuka kata-kata persoalan tujuan reuni itu. 

Pilihan Editor: Alasan Kaesang Bilang Ridwan Kamil Layak Maju di Pilgub Ibukota Lawan Anies Baswedan

EKA YUDHA SAPUTRA | ADIL AL HASAN

Artikel ini disadur dari Jusuf Hamka Soroti Soal Kemiskinan dan Kesulitan Pendidikan di Jakarta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button