Lifestyle

Wajib Tahu! Hal ini Beda Arti Penulisan IDR juga Rupiah untuk Rupiah

Wanderviews.com –

Jakarta – Mata uang Rupiah mempunyai dua singkatan yaitu IDR lalu Rp. Singkatan-singkatan ini kerapkali kita temukan di dalam katalog maupun daftar nilai produk. Namun, apa sebenarnya perbedaan dari dua singkatan ini?

Istilah IDR sendiri sebenarnya baru dikenal beberapa tahun terakhir, khususnya ketika berbelanja melalui online. Misalnya, harga jual makanan yang tersebut terpampang di tempat daftar menu tercatat IDR 10.000, bukannya Rp10.000.

Mengutip detikcom, IDR merupakan singkatan untuk penyebutan Indonesian Rupiah berdasarkan kode ISO 4217. Perlu diketahui, ISO 4217 sendiri merupakan standar internasional yang digunakan ditetapkan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang digunakan berisi kode tiga huruf (juga disebut dengan kode mata uang) yang dimaksud mendefinisikan nama mata uang.

Dengan kata lain IDR merupakan singkatan untuk mata uang Indonesia (rupiah) secara internasional.

Melansir dari situs ISO, standar ini menetapkan kode yang mana diakui secara internasional untuk representasi mata uang yang mana memungkinkan kejelasan kemudian mengempiskan kesalahan. Mata uang diwakili baik secara numerik maupun alfabet, menggunakan tiga digit atau tiga huruf.

Kode alfabet didasarkan pada standar ISO lain, ISO 3166, yang mana mencantumkan kode untuk nama negara. Dua huruf pertama dari kode tiga huruf ISO 4217 serupa dengan kode untuk nama negara, dan, apabila memungkinkan, huruf ketiga sesuai dengan huruf pertama dari nama mata uang.

Sebagai contoh ada Simbol Dolar untuk penyebutan mata uang dolar Amerika Serikat. US untuk singkatan united states (Amerika Serikat) juga D untuk singkatan dolar. Selain itu ada juga contoh lain di tempat mana mata uang Franc Swiss diwakili oleh CHF. CH menjadi kode untuk Swiss di kode ISO 3166 juga F untuk franc.

Hal ini juga diberlakukan untuk pengkodean mata uang Indonesia dalam mana kode untuk mata uang Indonesia menjadi IDR. ID merupakan singkatan untuk Indonesia juga R untuk rupiah.

Dengan demikian bila kita mengacu pada penjelasan pada atas, maka dapat disimpulkan bahwa tidaklah ada perbedaan antara mata uang IDR dengan Rp. Keduanya merupakan pengkodean atau singkatan untuk mata uang Indonesia.

Hanya hanya istilah IDR lebih tinggi kerap digunakan secara internasional sedangkan Simbol Rupiah biasa digunakan secara domestik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button