Nasional

5 HP Radiasi Paling Tinggi, 4 Merek HP China Terkenal

Wanderviews.com –

Jakarta – Laporan dari Stocklytics menyoroti tren radiasi HP yang dimaksud kian mengkhawatirkan. Hal ini sejalan dengan meningkatnya kegelisahan mengenai dampak teknologi terhadap lingkungan.

Laporan dari platform digital analitik lingkungan ekonomi itu mengidentifikasi Xiaomi lalu Samsung sebagai merek HP dengan tingkat radiasi paling tinggi. Bahkan, beberapa orang perangkat Xiaomi berada dalam urutan teratas daftar radiasi HP tertinggi yang digunakan dibagikan di laporan tersebut.

Berikut 5 HP dengan tingkat radiasi tinggi

1. Xiaomi Mi A1

2. Xiaomi Mi A1 LTE Dual SIM

3. Xiaomi Mi Max 3

4. Xiaomi Mi Mix 3 5G

5. Samsung Galaxy A23 5G

Mi A1 berada di area peringkat pertama dengan bilangan bulat dalam luar perkiraan, yakni 1,75 W/kg yang tersebut mampu diserap oleh telinga lalu 0,76 W/kg yang dimaksud mampu diserap oleh tubuh.

Sementara Seri Mi Max 3 dari Xiaomi juga sama. Radiasinya mencapai 1,58 W/kg yang mana dapat diserap telinga lalu sekitar 1,42 W/kg yang digunakan diserap tubuh untuk model non-5G. Varian 5G-nya mengangkat sama pada telinga, tetapi radiasi pada tubuh lebih lanjut tinggi yaitu 1,56 W/kg.

Samsung tidak ada terpencil berbeda, pada Galaxy A23 5G memiliki tingkat SAR dekat 1,5 W / kg untuk telinga juga tubuh.

Bahkan ponsel lipat populer Galaxy Z Fold 4 lalu Z Fold 5, menunjukkan tingkat radiasi yang mencapai 1,30 W / kg (telinga) serta 1,51 W / kg (tubuh). Di peringkat kelima, ada Z Fold 5 dengan tingkat radiasi 1,24 W / kg (telinga).

Perlu dicatat bahwa daftar di area menghadapi tidak ada mewakili nilai radiasi semua model smartphone, baik Xiaomi maupun Samsung. Sebab, Stocklytics juga menyebutkan bahwa beberapa jumlah ponsel kedua merek itu juga ada yang digunakan mempunyai tingkat radiasi rendah.

Adapun beberapa merek menawarkan model dengan output radiasi yang digunakan terbukti lebih tinggi rendah. Misalnya, Google Pixel 3a kemudian 4a, lalu Apple iPhone 7 seri semua jatuh di kisaran 1,36 W / kg untuk 1,39 W / kg (telinga).

Standar tingkat radiasi

Seperti yang tersebut diketahui, HP mengandalkan gelombang tingkat kejadian radio (RF) untuk mengirim dan juga menerima sinyal. Gelombang-gelombang ini memancarkan tingkat radiasi tertentu.

Untuk memahami peluang risikonya, ada pengukuran ilmiah yang mana disebut Taraf Penyerapan Spesifik (SAR).

SAR mengukur kecepatan tubuh manusia menerima energi RF dari sumber radiasi HP yang dimaksud dinyatakan pada watt per kilogram (W/kg).

“SAR sebagai cara untuk mengukur seberapa banyak “panas radiasi” yang dimaksud diterima tubuh Anda,” tulis laporan tersebut, disitir darinl Gizchina, Kamis (16/5/2024).

Badan pengatur seperti Komisi Komunikasi Federal (FCC) Amerika serta Komisi Eropa menetapkan batasan SAR untuk HP. Batasan ini ditetapkan untuk memverifikasi paparan RF tetap saja di total aman bagi pengguna.

Artikel Selanjutnya Spesifikasi Realme 12 Bocor, HP China Saingan Redmi Note 13

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button