Lifestyle

Teks Sholawat Rajab Tulisan Arab, Latin, Arti serta Keutamaannya

Wanderviews.com – Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan bulan Rajab agar mendapatkan berbagai keutamaan. Salah satu amalan yang dimaksud sanggup dikerjakan adalah membaca teks sholawat Rajab.

Membaca sholawat untuk Nabi Muhammad khususnya pada bulan Rajab memiliki sejumlah keutamaan. Hal ini sebagaimana dikatakan Abdurrahman bin Auf, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Jibril telah lama datang kepadaku juga berkata, “Ya Muhammad, bukan individu pun yang dimaksud bershalawat kepadamu kecuali didoakan oleh tujuh puluh ribu malaikat. Dan barang siapa yang digunakan didoakan oleh malaikat, maka ia tergolong penghuni surga.”

Dalam mengamalkan sholawat bulan Rajab, umat Muslim dapat memperbanyak bacaan sholawat ini di area siang juga waktu malam hari selama bulan Rajab agar mendapatkan berbagai keutamaan.

Lantas, seperti apa bacaan teks sholawat Rajab?

اللهمّ بارك لنا في رجب و شعبان و بلعنا رمضان و حصل مقاصنا

Latin: Allahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya’bana wa ballighnaa ramadhana wa hassil maqashidanaa

Artinya: “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab juga bulan Sya’ban dan juga pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan.”

Selain membaca teks di area atas, Anda juga mampu memperbanyak membaca sholawat Nabi Muhammad lainnya, seperti sholawat Jibril atau sholawat Nariyah.

Berikut ini teks sholawat Jibril

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Latin: Shallallahu ‘ala Muhammad

Artinya: Semoga Allah memberikan rahmat-Nya untuk Nabi Muhammad.

Berikut ini teks sholawat Nariyah

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Latin: Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman `alâ sayyidinâ Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihil-ḫawâiju wa tunâlu bihir-raghâ’ibu wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa `alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lûmilak(a).

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang digunakan sempurna kemudian curahkanlah salam kesejahteraan yang tersebut penuh untuk junjungan kami Nabi Muhammad, yang tersebut dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan juga semua yang didambakan dan juga husnul khatimah dapat diraih, lalu berkat dirinya yang digunakan mulia hujanpun turun, kemudian semoga terlimpahkan terhadap keluarganya dan juga para sahabatnya, di dalam setiap detik dan juga hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau,”.

Tidak belaka membaca sholawat Rajab, umat Muslim juga mampu memperbanyak melantunkan dzikir selama bulan Rajab. Adapun bacaan dzikir istighfar yang tersebut dianjurkan adalah sebagai berikut:

رب اغفرلي وارحمني و تب عليَّ

Rabbighfirli warhamni wa tub alayya

Nah, itulah teks sholawat Rajab, sholawat Jibril, Sholawat Nariyah juga bacaan istighfar yang digunakan dapat dibaca selama bulan Rajab.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button