Lifestyle

Doa Buka Puasa Rajab Sekaligus Puasa Mulai Pekan Kamis: Latin kemudian Artinya

Wanderviews.com – Setelah menjalani ibadah puasa Rajab seharian penuh, maka umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa mengungkap puasa Rajab lalu puasa Awal Minggu Kamis pada waktu waktu berbuka puasa tiba.

Di tahun 2024 atau 1445 Hijriah, bulan Rajab jatuh pada tanggal 13 Januari 2024. Mulai hari itu, umat Muslim dapat mulai mengerjakan puasa Rajab.

Mengerjakan puasa Rajab menjadi salah satu amalan bulan Rajab 10 hari pertama yang digunakan sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Meski demikian, puasa sunnah ini bukan boleh dikerjakan selama sebulan penuh.

Dari NU Online disampaikan bahwa puasa Rajab tidak ada boleh diadakan selama satu bulan penuh. Puasa ini cuma boleh diadakan beberapa hari saja, akibat puasa selama satu bulan penuh dimakruhkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dinukil dari NU Online, seseorang yang dimaksud mampu menjalani puasa Rajab selama satu hari hanya akan mendapatkan keutamaan yang dimaksud sangat luar biasa, yaitu setara berpuasa selama satu bulan penuh. Imam Fakhruddin al-Razi mengutip hadits yang disebutkan di kitabnya yang dimaksud berjudul Mafatih al-Ghaib (juz 16, h.54) sebagai berikut.

مَنْ صَامَ يَوْمًا مِنْ أَشْهُرِ اللّٰهِ الْحُرُمِ كَانَ لَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ ثَلَاثُونَ يَوْمًا

Artinya, “Barang siapa yang mana berpuasa satu hari pada bulan-bulan yang mana dimuliakan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan juga Rajab), maka ia akan mendapat pahala puasa 30 hari.”

Saat mengerjakan puasa Rajab, umat Muslim juga sanggup menggabungnya dengan puasa sunnah lainnya, seperti puasa Awal Minggu serta Kamis apabila dikerjakan dalam hari Mulai Pekan atau Kamis.

Lalu, bagaimana bacaan doa mengakses puasa Rajab sekaligus puasa Mulai Pekan Kamis yang tersebut benar?

Doa Buka Puasa Rajab Sekaligus Puasa Hari Senin Kamis

اللَّهُمَّ لَك صُمْت وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ .

Latin: Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa ‘ala rizqika afthartu dzahabadhdhomau wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insyaa Allah.

Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman serta dengan rizki-Mu aku berbuka. Telah hilang rasa penatku juga basahlah tenggorokanku serta tetaplah pahala dicurahkan atasku, Insya Allah”.
Arab, latin serta artinya.

Demikianlan bacaan doa menyingkap puasa Rajab sekaligus puasa Mulai Pekan Kamis yang dimaksud dapat Anda baca pasca memasuki waktu berbuka puasa, yakni ketika matahari mulai terbenam serta adzan maghrib telah lama berkumandangg.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button