Olahraga

Berhasil Membawa Spanyol Juara Euro 2024, Ini adalah Profil Palatih Luis de la Fuente

Jakarta – Instruktur tim nasional Spanyol, Luis de la Fuente, mengungkapkan kunci sukses timnya meraih gelar kejuaraan juara Euro 2024. Menurut dia, kesuksesan yang dimaksud akibat sikap para pemain yang dimaksud selalu mempercayai dirinya lalu keputusan-keputusannya.

“Satu-satunya hal yang menghasilkan saya was-was adalah apakah para pemain percaya pada saya kemudian yakin dengan apa yang tersebut kami katakan. Sekarang kami merasakan kebahagiaan , kebanggaan, juga menikmati momen ini – tak ada yang dimaksud kami dapatkan secara cuma-cuma,” katanya.

De la Fuente menggantikan Luis Enrique yang tersebut gagal menghadirkan Spanyol ke fase perempat final Piala Global 2022. Pada awalnya, berbagai yang meragukan pengalaman kemudian kualitas ahli berusia 63 tahun itu di mengawasi La Roja–sebutan timnas Spanyol–mengakhiri puasa gelar kejuaraan selama satu dekade.

Setelah kekalahan yang digunakan memalukan menghadapi Skotlandia di kualifikasi Euro 2024 pada Maret 2023, media Spanyol bahkan mengkhawatirkan De la Fuente kemungkinan besar akan dipecat. Namun, Spanyol bangkit dengan cepat kemudian tidak ada pernah kalah di pertandingan kompetitif setelahnya itu.

Spanyol berhasil mengalahkan juara bertahan Italia, tuan rumah Jerman, juga salah satu favorit juara, Prancis, di perjalanan mereka itu menuju final Euro 2024. Puncaknya adalah mengalahkan timnas Inggris dengan skor 2-1 di dalam partai final Euro 2024.

Profil Luis de la Fuente

Luis de la Fuente sebelumnya adalah seseorang pemain sepak bola yang digunakan berposisi sebagai bek kiri. Awal kariernya dimulai di akademi sepak bola Athletic Bilbao. Dia memulai debut sebagai pemain profesional pada 1978 sama-sama klub tersebut.

Dia memulai kariernya dengan bergabung dengan tim B sebelum akhirnya bergabung dengan kelompok senior pada 1981. Pada tahun 1987, ia pindah ke Sevilla. Kembali ke Bilbao pada 1991, dalam selanjutnya berpindah ke Alaves pada 1993, sebelum akhirnya pensiun dari karier sepak bola pada tahun 1994.

Meskipun tidaklah pernah bermain untuk pasukan nasional Spanyol di level senior, De la Fuente pernah membela regu U-21, U-18, juga grup Olimpiade Spanyol. Pada 1997, beliau kembali ke globus sepak bola sebagai pelatih, dimulai dengan melatih klub Portugalete.

Dia juga pernah melatih Aurrera juga tim divisi junior Sevilla dan juga Athletic Bilbao. Pada 2006, ia bermetamorfosis menjadi pembimbing senior Bilbao Athletic, sebelum kemudian kembali pada 2009 juga bertahan hingga 2011. De la Fuente juga mempunyai pengalaman melatih Alaves, sebelum pada 2013 ia mulai fokus sebagai ahli regu nasional Spanyol untuk kelompok umur.

Pada perjalanannya sebagai pelatih, De la Fuente menangani regu U-19, U-21, lalu U-23 Spanyol, dengan fokus utama pada pengembangan pemain muda yang tersebut ia kenal dengan baik.

Prestasi terbesarnya di kelompok umur adalah membantu regu U-19 kemudian U-21 Spanyol meraih sukses dengan merengkuh Piala Eropa U-19 lalu U-21, dan juga menyumbangkan medali perak untuk Spanyol di dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Pada Desember 2022, De la Fuente diangkat sebagai ahli grup nasional senior Spanyol . Setelah ditunjuk menggantikan Enrique, ia berhasil mengantar Spanyol meraih penghargaan Eufa Nations League. Kini, ia mengukuhkan dirinya sebagai penakluk Eropa dengan berhasil merengkuh Euro 2024.

TRANSFERMARKT | FOOTBALL BIOGRAPHY

Artikel ini disadur dari Berhasil Membawa Spanyol Juara Euro 2024, Ini Profil Palatih Luis de la Fuente

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button