Lifestyle

Kiat Orang Tua Menumbuhkan Minat Anak Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang

Jakarta – Setelah masa liburan, waktu ketika anak akan memulai masuk sekolah berubah menjadi tantangan bagi orang tua. Saat fase ini berubah menjadi tantangan bagi pemukim tua untuk mengatasi semangat anak kembali ke sekolah

1. Jam Tidur

Setelah liburan, pemukim tua harus memantau pola tidur anak seperti pada saat bersekolah. Dikutip dari parents.com, kurang tidur menyebabkan kurang bisa jadi berfokus. Kondisi ini mempengaruhi aktivitas belajar. 

American Academy of Sleep Medicine (AASM) menyarankan penduduk tua sanggup menggeser waktu tidur anak berubah menjadi lebih tinggi awal dibandingkan saat pada waktu liburan. Hal ini mampu dijalankan secara bertahap hingga waktu sekolah tiba. Jika kebiasaan tidur anak telah lama berubah drastis, menyesuaikan rutinitas di malam hari secara bertahap 15 menit sampai 20 menit tambahan awal untuk mengelak gangguan jiwa tidur.  

2. Menandai Kalender Saat Kembali ke Sekolah

Dikutip dari BTB Psychology, warga tua bisa jadi menimbulkan hitungan mundur waktu kembali ke sekolah. Caranya menandai kalender dengan melingkari tanggal pertama sekolah pasca libur panjang sebagai pengingat visual. Dengan adanya pengingat visual, anak diajak mempersiapkan diri untuk kembali ke sekolah.    

3. Ajak Anak Berdiskusi

Penting bagi warga tua untuk mengomunikasikan secara terbuka dengan anak. Sebelum sekolah dimulai, pendatang tua wajib berbicara dengan anak tentang yang tersebut diharapkan pada semester baru.
Jika anak kesulitan bangun pagi, bantu mereka itu mengembangkan rencana untuk meningkatkan kualitas tidur. Misalnya, menyetel alarm beberapa hari sebelumnya agar tubuh terbiasa dengan jadwal baru. 

4. Persediaan Perlengkapan Sekolah

Tak hanya saja mengenai kebiasaan waktu tidur lalu bangun, hak penting lainnya juga perlengkapan sekolah. Untuk anak-anak yang digunakan kecil, bisa saja disediakan pensil baru. Anak-anak yang dimaksud agak besar mungkin saja membutuhkan materi bacaan baru atau buku catatan.   

5. Membiasakan Aktivitas Pagi

Saat membangunkan anak sesuai dengan waktu rutinitas, sanggup dimulai sebelum mereka itu bersekolah. Setelah bangun diupayakan agar anak memulai aktivitas ringan seperti sarapan dan juga mandi. 

BTB PSYCHOLOGY | PARENTS

Artikel ini disadur dari Kiat Orang Tua Menumbuhkan Minat Anak Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button