Lifestyle

Batu Culture Festival 2024 Perkenalkan Budaya ke Anak Muda

Jakarta – Batu Culture Festival 2024 yang mana dijalankan pada 27 hingga 30 Juni 2024. Festival ini berisi beraneka pertunjukan seni lalu budaya dinilai mampu menjadi wadah pelestarian budaya dari wilayah Pusat Kota Batu, Jawa Timur.

Penjabat (Pj) Wali Perkotaan Batu Aries Agung Paewai ke Perkotaan Batu mengemukakan bahwa kebudayaan adalah identitas yang tersebut akan berubah jadi warisan bagi anak cucu, sehingga wajib dilestarikan yang mana salah satunya melalui penyelenggaraan Batu Culture Festival 2024.

“Kebudayaan jikalau hilang maka identitas negara bergabung hilang. Kebudayaan adalah identitas kita yang mana akan berubah menjadi warisan untuk anak cucu kita,” kata Aries pada puncak rangkaian Batu Culture Festival 2024, Ahad, 30 Juni 2024. 

Perkenalkan Budaya pada Generasi Muda

Menurutnya, kebudayaan yang ada pada wilayah Pusat Kota Batu, harus diperkenalkan untuk generasi muda agar tak tergerus zaman. Seluruh pihak diantaranya warga Perkotaan Batu, memiliki tanggung jawab yang digunakan besar untuk melestarikan lalu mempertahankan kebudayaan.

“Kalau kebudayaan tak kita jaga juga rawat, dan juga tak kita perkenalkan terhadap anak cucu kita, maka merekan tidak ada akan mengetahui kebudayaan Pusat Kota Batu,” katanya.

Ia menambahkan, pelaksanaan festival budaya itu diisi dengan bervariasi rangkaian itu, juga merupakan langkah untuk mengiklankan kemungkinan yang tersebut dimiliki oleh Perkotaan Wisata Batu. Ajang Batu Culture Festival, juga dinilai mampu berubah menjadi daya pikat para wisatawan yang mana berkunjung.

“Jangan pernah menyerah untuk memperkenalkan peluang yang digunakan dimiliki. Dari hal yang digunakan kecil, kita mampu memulai pembangunan hal yang digunakan besar,” katanya.

Dimulai ketika Pandemi

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Perkotaan Batu, Sunarto mengungkapkan bahwa pelaksanaan Batu Culture Festival yang dimaksud ketiga kali tersebut, bermetamorfosis menjadi pionir pekan kebudayaan setelahnya masa pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona.

“Kita mulai pada 2022 di dalam masa pandemi dengan semangat yang digunakan luar biasa, memulai pekan budaya area di Daerah Perkotaan Batu dengan tajuk Batu Culture Festival,” kata Sunarto.

Sunarto menambahkan, pada 2024, rangkaian Batu Culture Festival 2024 dimulai dengan Gumbinganesia yang dilaksanakan pada Kamis, (27/6) pukul 19.00 WIB. Gumbinganesia menampilkan atraksi menawan dari kesenian khas Daerah Perkotaan Batu.

Batu Culture Festival, merupakan salah satu bentuk komitmen otoritas Pusat Kota batu pada melestarikan juga memperkenalkan warisan budaya lokal Perkotaan Batu terhadap generasi muda dan juga wisatawan yang tersebut datang ke Pusat Kota Batu.

ANTARA

Artikel ini disadur dari Batu Culture Festival 2024 Perkenalkan Budaya ke Anak Muda

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button