Lifestyle

Rumah Marilyn Monroe disetujui jadi monumen budaya

DKI Jakarta – Dewan Pusat Kota Los Angeles di Amerika Serikat menyetujui pengusulan rumah Marilyn Monroe dalam lingkungan Brentwood sebagai monumen budaya bersejarah pada Rabu (26/6).

"Kediaman Marilyn Monroe pada Brentwood sekarang berubah menjadi Monumen Sejarah-Budaya!" tulis The Los Angeles Conservancy di akun X.

Dalam unggahan ke akun X pada Rabu (26/6), organisasi penggerak upaya pelestarian bangunan bersejarah itu menyatakan bahwa Dewan Pusat Kota Los Angeles sepakat menyetujui nominasi rumah terakhir Marilyn Monroe sebagai bangunan bersejarah.

Menurut siaran Variety, Monroe tinggal selama kurang lebih tinggi enam bulan dalam rumah bergaya Kolonial Spanyol dengan empat kamar tidur itu tahun 1929, dan juga kemudian meninggal pada sana akibat overdosis pada 1962.

Dalam proposal untuk penetapan status rumah Monroe sebagai penunjuk sejarah, LA Conservancy menyampaikan bahwa rumah itu merupakan "tempat pertama yang digunakan ia cari serta beliau beli sendiri untuk dirinya pada waktu berpartisipasi bekerja pada 1962."

Pemilik rumah, Brinah Milstein lalu suaminya, pribadi produser acara realitas TV Roy Bank, membeli rumah itu tahun tak lama kemudian seharga 8,35 jt dolar Negeri Paman Sam atau sekitar Rp137 miliar serta berencana menghancurkannya untuk memperluas properti merekan pada sebelahnya.

Mereka berjuang selama dalam setahun untuk menghentikan penetapan rumah itu sebagai bangunan bersejarah, yang dimaksud menurut merek akan menyebabkan lebih besar banyak gangguan jiwa bagi pengunjung.

Pemilik rumah sudah menggugat pemerintah kota, menuduh para pejabat "melakukan intrik di belakang" dan persoalan hukum ini dijadwalkan disidangkan pada 13 Agustus.

Dalam gugatannya, pemilik mengatakan bahwa rumah yang dimaksud telah dilakukan diubah secara substansial dan juga tiada ada bukti yang dimaksud tersisa dari masa Monroe tinggal dalam sana, sehingga bukan memenuhi kriteria sebagai monumen budaya bersejarah.

Meskipun penetapan sebagai bangunan bersejarah tidak ada sepenuhnya dapat menghentikan pembongkaran suatu properti, status yang dimaksud mengharuskan pelaksanaan proses peninjauan bangunan ketat apabila ada usul pembongkaran.

Anggota Dewan Pusat Kota Los Angeles Traci Park sebelum pemungutan ucapan mengutarakan bahwa tiada ada khalayak atau tempat lain di dalam Pusat Kota Los Angeles yang ikonik seperti Marilyn Monroe kemudian rumahnya ke Brentwood. 

Artikel ini disadur dari Rumah Marilyn Monroe disetujui jadi monumen budaya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button