Otomotif

Mengenal Lewis Hamilton, Juara Formula 1 Inggris 2024

Jakarta – Pembalap Mercedes Lewis Hamilton memecahkan rekor sepanjang kariernya ke kompetisi balap Formula 1 pada Grand Prix Inggris dalam Sirkuit Silverstone, akhir pekan lalu. “Sejujurnya, saya tiada pernah menangis sebab kemenangan, itu hanya sekali pergi dari dari diri saya. Ini adalah perasaan yang dimaksud sangat, sangat luar biasa kemudian saya sangat, sangat berterima kasih,” kata Hamilton, dikutipkan dari web web Formula 1, Selasa, 9 Juli 2024.

Hamilton kosong pencapaian kemenangan selama 945 hari. Terakhir, ia meraih ketika Grand Prix Arab Saudi 2021. Hal ini juga sekaligus membuatnya berubah jadi peserta balap tertua yang tersebut mengungguli balapan Grand Prix dengan Hamilton yang digunakan menginjak usia 39 tahun 182 hari.

Profil Lewis Hamilton

Lewis Carl Davidson Hamilton lahir pada Stevenage, Inggris, pada 7 Januari 1985. Perjalanan karier Hamilton dimulai pada saat ayahnya membelikan ia gokar bekas. Pada usia 10 tahun, Hamilton bertemu Ron Dennis, bos kelompok McLaren, serta memaparkan keinginannya untuk membalap bagi tim tersebut. Dennis memberikan kartu nama beliau dan juga memohonkan Hamilton menghubunginya di sembilan tahun.

Tiga tahun kemudian, Dennis menawarkan dukungan finansial untuk karier balap Hamilton, dengan asal ia permanen berprestasi pada sekolah. Hamilton memenuhi ekspektasi yang disebutkan dan juga pada 2007, ia bergabung dengan grup McLaren pada Formula 1.

Ia meraih podium 12 kali, 4 kemenangan ketika fase awal kariernya. Hamilton meraih peringkat juara bumi pertamanya pasca persaingan ketat dengan Felipe Massa dari Ferrari pada 2008. Setelah beberapa musim yang digunakan kurang sukses dengan McLaren, Hamilton memutuskan untuk bergabung dengan Mercedes pada 2013. Dalam naungan Mercedes, Hamilton meraih beraneka kesuksesan, diantaranya tujuh peringkat juara globus yang mana membuatnya menyamai rekor Michael Schumacher.

Pada 2014 bermetamorfosis menjadi awal dominasi Hamilton di Formula 1. Ia mengungguli 11 dari 19 balapan serta meraih gelar kejuaraan juara bola kedua. Hamilton terus menunjukkan dominasinya di tahun-tahun berikutnya.

Pada 2015, Hamilton meraih kemenangan 10 balapan dan juga meraih gelar kejuaraan juara planet ketiga. Pada 2017, ia meraih penghargaan juara globus keempat pasca meraih kemenangan sembilan balapan. Gelar kelima diraih pada 2018, menyamai rekor Juan Manuel Fangio. Hamilton terus meraih prestasi dengan penghargaan keenam pada 2019 dan juga ketujuh pada 2020, menyamai rekor Schumacher.

Pada 2020, ia bermetamorfosis menjadi salah satu yang tersebut paling menantang akibat pandemi Covid-19, namun Hamilton tampil gemilang. Ia meraih kemenangan 11 dari 17 balapan. Pada 2021, persaingannya dengan Max Verstappen dari Red Bull berlangsung ketat serta kerap diwarnai insiden di lintasan. Puncaknya balapan terakhir pada Abu Dhabi, tindakan kontroversial oleh pimpinan balapan menyebabkan Hamilton kehilangan gelar kejuaraan juara globus kedelapan.

Pada 2022, tahun tanpa kemenangan bagi Lewis Hamilton. Ia terus berubah jadi aset penting bagi tim pada pengembangan mobil. 

Artikel ini disadur dari Mengenal Lewis Hamilton, Juara Formula 1 Inggris 2024

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button