Lifestyle

Siap Cari Kerja? Ini adalah Bedanya CV ATS Friendly kemudian CV Kreatif

Jakarta – Dalam mencari pekerjaan, banyak kali kita dihadapkan pada pilihan antara menghasilkan CV ATS (Curriculum Vitae Applicant Tracking System) atau CV Kreatif.

Kedua jenis CV ini memiliki tujuan juga cara penyusunan yang digunakan berbeda. Sangat penting untuk menyadari perbedaan diantara keduanya untuk memverifikasi bahwa CV anda sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

I. CV ATS (Applicant Tracking System)

CV ATS friendly dirancang khusus untuk lolos pada sistem pelacakan pelamar. Pada era digital pada waktu ini, banyak perusahaan besar yang mana menggunakan teknologi canggih seperti applicant tracking system untuk menyaring banyaknya lamaran yang mana mereka itu terima setiap harinya.

Agar CV anda bisa saja lolos dari sistem penyaringan ini, ada beberapa hal yang dimaksud harus diperhatikan:

1. Format mudah lalu bersih: Gunakan format yang dimaksud simpel tanpa menambahkan desain yang rumit. Pilih font standar seperti Arial atau Times new roman.

2. Pemanfaatan kata kunci: Tambahkan kata kunci yang digunakan sesuai dengan tempat yang mana dilamar.

3. Rangkaian kronologis: Susun pengalaman sekolah dan juga pekerjaan secara berurutan, mulai dari yang dimaksud terbaru hingga terlampau.

4. Tidak menggunakan tabel dan juga grafik: tabel dan juga grafik seringkali menyebabkan CV tiada terbaca oleh ATS lalu menimbulkan lamaran anda diabaikan.

5. Gunakan bullet points: Anda dapat menggunakan bullet points untuk menjelaskan tanggung jawab serta pencapaian agar CV lebih tinggi enteng dibaca oleh ATS dan juga perekrut.

II. CV kreatif

CV kreatif dibuat untuk mengejutkan perhatian perekrut. CV ini umumnya digunakan ketika melamar pekerjaan di dalam sektor kreatif seperti desain grafis atau seni. CV kreatif mampu mencakup elemen warna, desain, grafik juga tata letak yang tersebut bukan biasa. CV Kreatif bertujuan untuk menunjukkan kreatifitas pelamar melalui CV mereka.

Berikut adalah karakteristik CV kreatif:

1. Desain yang mana menarik: CV kreatif biasanya miliki desain visual yang menarik, menggunakan warna, grafik, kemudian tata letak yang tersebut unik untuk mendebarkan perhatian perekrut.

2. Format fleksibel: CV kreatif memungkinkan pelamar untuk bereksperimen dengan bangunan juga urutan informasi.

3. Portofolio: Untuk profesi yang dimaksud berbasis kreativitas, sangat umum untuk menyertakan portofolio atau tautan ke web web pribadi yang menambah nilai besar. Hal ini memudahkan perekrut di mengetahui kemampuan anda melalui proyek yang dimaksud sudah anda kerjakan.

4. Namun diperlukan diingat CV kreatif kemungkinan besar bukan dapat terbaca oleh ATS kemudian dapat memproduksi lamaran akan diabaikan oleh perusahaan yang digunakan menggunakan sistem tersebut.

Itulah perbedaan CV ATS friendly serta CV kreatif, mengenali kedua jenis CV yang disebutkan dapat membantu anda pada memilih strategi yang efektif serta tepat di melamar pekerjaan.

Artikel ini disadur dari Siap Cari Kerja? Ini Bedanya CV ATS Friendly dan CV Kreatif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button