Lifestyle

Anjing pun Bisa Terserang Kanker, Kenali Simptom sebelum Terlambat

Jakarta – Bukan hanya sekali manusia, anjing pun mampu terserang kanker. Satu dari empat anjing terdiagnosa neoplasma kemudian separuh dari 10 ekor tertutup akibat penyakit itu. Para ilmuwan menduga pendorong neoplasma pada anjing lantaran bermacam faktor, di antaranya lingkungan. 

Deteksi dini bisa saja menyelamatkan hewan peliharaan ini dari kematian. Namun tak seperti manusia yang dimaksud dapat mengeluh juga menjelaskan rasa sakit, kebanyakan anjing terlambat ditemukan kanker. Karena itulah, pemilik penting waspada serta memahami inovasi perilaku atau tanda-tanda lain.

“Seperti juga pada manusia, neoplasma pada anjing bisa jadi diobati apabila terdeteksi dini,” jelas Dr. Julie Bulman-Fleming, spesialis onkologi hewan serta direktur medis Veterinary Cancer Group, untuk HuffPost. Berikut beberapa tandanya.

Bertingkah aneh
Menurut Bulman-Fleming, sejumlah anjing penderita tumor ganas bertingkah aneh. Perubahan dapat samar sehingga cuma bisa saja dikenali oleh pemilik. Contohnya tak lagi merengek atau bermanja-manja ketika Anda sedang melakukan sesuatu.

Perubahan itu disebabkan sakit yang digunakan dirasakan hewan peliharaan itu. Kebanyakan karsinoma menyebabkan peradangan sistemik di tubuh serta menyebabkan anjing tiada enak badan.

Ada benjolan
Periksalah, apakah ada benjolan. Anjing yang dimaksud sudah ada berumur biasanya memiliki benjolan lesi lapisan kulit atau timbunan lemak. Namun bila terlihat benjolan yang dimaksud keras, bentuk tak beraturan, juga ukuran, warna, dantekstur berubah dengan cepat, sanggup jadi itu gejala kanker, jelas American Kennel Club.

Sering haus lalu kencing lebih besar banyak
Sebagian anjing penderita tumor ganas rutin merasa haus juga banyak tak diperhatikan pemilik. Anjing pun lebih lanjut rutin kencing, sekitar dua jam sekali, kata Bulman-Fleming. Penyebabnya beberapa jenis karsinoma meningkatkan kadar kalsium di tubuh juga membuatnya cepat haus. Jenis neoplasma lain mempengaruhi ginjal kemudian membuatnya lebih banyak kerap kencing. Kanker juga mampu menyebabkan pendarahan di dan juga kehilangan darah menghasilkan anjing lebih banyak cepat haus.

Pincang lalu susah berdiri
Beberapa jenis anjing berbadan besar bisa jadi mengalami tumor pada sendi lalu tulang kaki, membuatnya susah berdiri juga berjalan.

Berat badan turun kemudian nafsu makan berkurang
Jika anjing terlihat lebih tinggi kurus walau makanan yang tersebut diberikan sama, nafsu makan serta aktivitas fisik berkurang, sanggup jadi penyebabnya kanker.

Artikel ini disadur dari Anjing pun Bisa Terserang Kanker, Kenali Gejala sebelum Terlambat

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button