Lifestyle

5 Rekomendasi Makanan untuk Trimester Awal Kehamilan

Jakarta – Trimester awal kehamilan merupakan waktu yang tersebut rentan pada ibu hamil yang tersebut menentukan kehamilan pada  rute selanjutnya. Kebutuhan nutrisi harus diperhatikan agar kebugaran ibu hamil kemudian janin dapat terjaga kemudian terpenuhi.

Apalagi ketika awal kehamilan ibu hamil rentan mengalami mual hingga kesulitan memilih makanan. Untuk itu ibu hamil dalam awal trimester wajib untuk mengatur pola makan agar nutrisi penting dapat terpenuhi kemudian janin bisa saja masih sehat.  

Mengatur pola makan bertujuan untuk memenuhi nutrisi juga kalori. Tiap trimester kehamilan berbeda keinginan kalori tambahannya. Dilansir dari Health trimester pertama atau 12 minggu pertama tidak ada memerlukan kalori tambahan.

Nutrisi yang tersebut dibutuhkan ibu hamil sendiri harus lengkap serta menyajikan keseimbangan karbohidrat, lemak, protein, dan juga kalori yang digunakan tepat. Kepentingan nutrisi ini akan berpengaruh tak semata-mata ketika kehamilan tetapi hingga pasca melahirkan. Untuk itu diperlukan memilih makanan yang mana baik untuk ibu hamil teristimewa trimester pertama. Berikut rekomendasinya dikutipkan dari Health

1. Buah utuh

Buah menjadi sumber utama vitamin. Mulai vitamin A, vitamin B, vitamin, C, vitamin D lalu lainnya. Semua sumber vitamin itu dapat ditemukan pada buah seperti apel, beri, jeruk, mangga, juga pisang. Buah-buahan yang digunakan disebutkan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada trimester pertama untuk membantu bertambah kembang janin.  

2. Sayuran  

Sayuran yang digunakan diperoleh bisa jadi dari brokoli, ubi jalar, bit, okra, bayam, paprika, dan juga singkong. Sayur-sayuran ini selain mengandung serat juga mengandung zat besi. Dikutip dari Parents zat besi membantu perkembangan bayi, salah satunya perkembangan otak. Dalam sehari dianjurkan untuk mengonsumsi 3-5 porsi sayuran.  

3. Biji-bijian utuh 

Biji-bijian mengandung protein serta lemak baik yang digunakan berfungsi menyehatkan ibu hamil serta janin. Biji-bijian bisa jadi diperoleh dari kacang merah, kacang almond, oatmeal, bulgur, serta gandum utuh. Selain itu, menurut Kementerian Aspek Kesehatan salah satu jenis kacang yaitu kacang polong sejumlah mengandung asam folat. Asam folat ini bagus untuk kehamilan trimester pertama lalu direkomendasikan untuk mengonsumsi 600-800 mikrogram folat selama kehamilan. 

4. Sistem susu rendah lemak atau bebas lemak

Salah satu sumber lemak baik yang tersebut enteng ditemukan biasanya terdapat pada susu, yogurt, keju, item susu bebas laktosa, dan juga minuman kedelai yang dimaksud difortifikasi atau susu kedelai. Masih dari laman Kementerian Aspek Kesehatan masa kehamilan pertama membutuhkan setidaknya 1000 miligram kalsium yang tersebut mampu dibagi di dua dosis 500 miligram per hari.  

Kalsium berfungsi menguatkan tulang ibu hamil yang tersebut akan menambah beban tambahan selama kehamilan di dalam trimester selanjutnya. Lemak yang tersebut cukup juga berfungsi sebagai tambahan energi untuk ibu hamil. Tapi ingat, ibu hamil trimester ini tak penting terlalu banyak lemak sebab pada masa ini belum terlalu sejumlah membutuhkan cadangan energi tambahan.  

5. Minyak 

Minyak disini yang mana dimaksud seperti minyak sayur, minyak zaitun, lalu minyak pada makanan seperti makanan laut, alpukat, lalu kacang-kacangan.

Dikutip dari Healthline alpukat sendiri mengandung asam lemak tak jenuh yang mana menghasilkan teksturnya sedikit berminyak. Alpukat juga berubah menjadi sumber serat, antioksidan, vitamin B (terutama folat), vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, lalu vitamin C. 

Karena tingginya zat lemak sehat, folat, serta kalium, alpukat merupakan pilihan yang baik selama kehamilan. Lemak segar membantu merancang kulit, otak, juga jaringan si kecil, juga folat dapat membantu menjaga dari cacat tabung saraf dan juga kelainan perkembangan otak kemudian tulang belakang, seperti spina bifida. 

Sedangkan mengonsumsi suplemen minyak ikan dapat membantu melindungi terhadap kelahiran prematur juga dapat bermanfaat bagi perkembangan mata janin. Akan tetapi, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi minyak hati ikan atau suplemen omega-3 lainnya, dikarenakan terlalu banyak vitamin A atau D dapat berbahaya. Kadar omega-3 yang tersebut lebih tinggi juga dapat miliki efek pengencer darah.

Pilihan editor: Stigma yang dimaksud Banyak Diterima Ibu Hamil lalu Bikin Tidak Nyaman

Artikel ini disadur dari 5 Rekomendasi Makanan untuk Trimester Awal Kehamilan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button