Kesehatan

Kenali jenis-jenis insomnia untuk penanganan yang tersebut tepat

Ibukota Indonesia –

Insomnia merupakan permasalahan masalah tidur yang mana umum berlangsung pada seluruh dunia, mempengaruhi khalayak dari beberapa kalangan usia.
 
Gangguan ini tak hanya sekali mempengaruhi tidur tetapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik maupun mental.
 
Insomnia dapat dibagi bermetamorfosis menjadi beberapa jenis dari asal-mula dan juga karakteristiknya. Apa cuma jenis-jenis insomnia? Simak artikel ini.
 
1. Insomnia akut
Jenis insomnia ini umumnya terjadi akibat stress, sehingga kondisi ini hanya sekali bersifat sementara atau berlangsung pada jangka waktu singkat sekitar kurang dari tiga bulan. 
 
Biasanya jenis insomnia ini akan sembuh jikalau permasalahan dari asal-mula stres sudah ada teratasi.
 
2. Insomnia kronis
Insomnia kronis merupakan keadaan dimana kesulitan tidur berjalan setidaknya tiga kali seminggu selama tiga bulan atau lebih. Insomnia jenis ini biasanya berlangsung akibat stress atau sebab situasi medis tertentu seperti kelainan kecemasan bahkan depresi, yang mengharuskan penderita mengonsumsi obat sejenis antidepresan.
 
3. Insomnia sleep onset
Jenis insomnia ini terbentuk pada penduduk yang dimaksud kesulitan untuk memulai tidur meskipun sudah ada merasa lelah lalu ngantuk. Orang dengan jenis insomnia ini rutin kali menghabiskan waktu lama di tempat tidur sebelum akhirnya tertidur.

Orang yang digunakan mengalami insomnia jenis ini kerap dibangun pada berada dalam waktu malam lalu kesulitan untuk melanjutkan tidurnya. Penyebabnya bisa karena kondisi medis atau mengalami gangguan mental kesehatan mental.

 
4. Insomnia komorbid
Jenis insomnia ini berlangsung bersamaan dengan gangguan jiwa kesehatan, seperti depresi, kecemasan, atau penyakit kronis tertentu. Insomnia ini dapat berubah menjadi gejala dari gangguan mental keseimbangan yang disebutkan kemudian dapat memperburuk keadaan yang mana telah ada.
 
5. Insomnia campuran
Jenis insomnia ini merupakan campuran dari jenis insomnia yang dimaksud ada dengan beberapa penyebab. Jika mengalami insomnia campuran, disarankan untuk mengubah pola hidup yang dimaksud positif serta konsultasikan ke dokter.

Artikel ini disadur dari Kenali jenis-jenis insomnia untuk penanganan yang tepat

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button