Lifestyle

FSB 2024 tampilkan ragam seni budaya nusantara lalu UMKM 

DKI Jakarta – Mitra Seni Tanah Air (MSI) tahun ini kembali mengadakan Festival Seni lalu Bazaar (FSB) menampilkan keanekaragaman seni budaya nusantara yang dihadiri oleh 80 komoditas bidang usaha Mikro Kecil lalu Menengah (UMKM) pada rangka memeriahkan ulang tahun ke-497 Jakarta, Hari Anak Nasional dan juga menyambut Hari Kebaya Nasional.

Melalui informasi pers yang digunakan diterima, Kamis, Kementerian Wisata kemudian Sektor Bisnis Kreatif Sandiaga Salahudin Uno pada sambutannya mengapresiasi acara Festival Seni dan juga Bazaar ini akibat mampu menjadi turnamen memperkenalkan seni kemudian budaya sekaligus pelestarian budaya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu sarana mengangkat nama Indonesia juga memperkenalkannya secara luas. Pertemuan sama harus kerap diadakan dengan menggerakkan komunitas yang digunakan ada ke Indonesia. Dengan demikian MSI dapat bermetamorfosis menjadi penggerak seni juga budaya,” kata Menteri Sandi.

Sementara itu Ketua Umum Mitra Seni Nusantara Sari Ramdani, memaparkan kegiatan ini merupakan yang dimaksud ketiga kalinya diadakan dengan menampilkan kolaborasi pelatihan seni MSI dengan beragam tarian Nusantara, mulai dari musik tradisional kolintang, angklung bahkan maestro kolintang.

Menurut Sari Ramdani, anggota Mitra Seni Indonesi pada waktu ini mencapai 900 pemukim lebih lanjut terdiri berhadapan dengan usia muda hingga yang digunakan tertua adalah 86 tahun. Hal ini membuktikan seni disukai serta dapat dinikmati bermacam kalangan.

“Seni bersifat universal. Karya seni dapat dinikmati oleh siapa semata tiada bergantung RAS, Bahasa, negara kemudian juga perbedaan. Melalui seni dan juga budaya kita bisa saja dipersatukan,” tegas Sari Ramdani.

Berbagai perubahan lalu kreativitas yang tersebut dihasilkan pelaku industri kreatif memerlukan wadah untuk mengekspresikan karyanya, salah satunya melalui Bazar dan juga pameran. Sari berharap FSB dapat menggalakkan pelaku kegiatan ekonomi kreatif bersinergi dengan pelaku budaya.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI DKI Jakarta Iwan Hendri Wardhana di dalam Gedung Lembaga Pembangunan Lembaga Keuangan Negara Indonesia (LPPI) Kemang Ibukota Indonesia Selatan Kamis (27/6). Penggiat Budaya Iwet Ramadhan tampil pada bincang bincang memaknai Tanah Air melalui karya seni.

Festival Seni kemudian Budaya 2024 yang dimaksud berlangsung empat hari, mengangkat Budaya Betawi yang tersebut dimeriahkan Gambang Kromong pada hari pertama, serta Budaya Jawa pada hari kedua, budaya Sulawesi Selatan pada hari ketiga, juga budaya nusantara pada hari keempat.

Festival Seni serta Bazar MSI yang mana juga didukung I-Radio Jakarta, mengundang anak-anak disabilitas down syndrome untuk berpartisipasi di kegiatan berkesenian. Sebanyak 50 anak anak yang dimaksud akan memainkan angklung, bernyanyi juga menari Ondel ondel, sehingga dia akan menyatu di seni.

Dalam rangka menyambut Hari Kebaya Nasional pertama yang dimaksud akan jatuh tanggal 24 Juli, MSI juga siap menyambut kegiatan yang disebutkan dengan mengadakan talk show dengan Pengurus Kowani dan juga melakukan Parade Kebaya yang mana semua dijalankan pada FSB 2024 ini. 

Artikel ini disadur dari FSB 2024 tampilkan ragam seni budaya nusantara dan UMKM 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button