Kesehatan

Terapkan rutinitas menyikat gigi sejak usia muda untuk keseimbangan

Ibukota Indonesia – Rutinitas mudah seperti menyikat gigi penting untuk ditanamkan sejak usia dini untuk meyakinkan kebersihan mulut lalu kesegaran secara keseluruhan.

Ahli gigi anak bersertifikat di Vancouver dr. Nidhi Kotak, disitir dari laman Medical Daily, Rabu mengemukakan kebersihan mulut secara mengejutkan dapat memberikan dampak yang dimaksud besar terhadap kesehatan secara keseluruhan. Teknik menyikat gigi yang tersebut efektif dapat mencegah dampak buruk kesehatan gigi teristimewa pada anak-anak.

“Kebersihan yang dimaksud buruk dapat menyebabkan gigi berlubang, nyeri, serta infeksi – yang digunakan dapat menyebabkan pembengkakan, kunjungan ke UGD, bolos sekolah, serta lain-lain. Perawatan mulut yang kurang baik juga menyebabkan bau mulut serta menurunkan kepercayaan diri,” kata Dr. Nidhi Kotak.

Ia menyatakan kebiasaan menyikat gigi dapat dilaksanakan sejak anak memiliki gigi pertama. Anak-anak sudah ada bisa saja mulai menyikat gigi sendiri biasanya pada usia 7 atau 8 tahun pada saat dia telah mempunyai ketangkasan untuk melakukan pekerjaan dengan baik, atau saat merek sudah ada mampu mengikat tali sepatu sendiri.

Sampai ketika itu, biarkan dia mencoba tetapi setiap saat mengawasi. Gunakan sikat gigi berbulu super lembut dan juga olesan pasta gigi lalu lakukan dengan menyanyikan lagu dan juga bersenang-senang.

“Saat menyikat gigi, ingatlah beberapa tip penting untuk meningkatkan rutinitas perawatan mulut Anda. Pertama, gunakan pergerakan melingkar kecil ke garis gusi, pegang sikat gigi pada sudut 45 derajat. Pastikan untuk mengganti sikat gigi Anda setiap 3-6 bulan untuk menegaskan efektivitasnya," katanya.

Selain itu, jikalau anak mengalami infeksi virus atau penyakit apa pun, penting untuk segera mengganti sikat giginya untuk menghindari infeksi ulang, ujarnya.  

American Dental Association menyarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluorida, lalu luangkan setidaknya dua menit untuk setiap pembukaan menyikat gigi.

Untuk keseimbangan mulut yang digunakan optimal, disarankan juga untuk merawat pola makan sehat dengan membatasi minuman manis serta makanan ringan juga mengunjungi dokter gigi secara rutin untuk pencegahan serta terapi penyakit mulut.

Dr. Kotak mengungkapkan menyikat gigi di di malam hari hari sangat jauh lebih banyak penting daripada di pagi hari meskipun idealnya direalisasikan 2 kali, kemudian pastikan untuk membersihkan gigi dengan benang setiap hari.

“Jika Anda memiliki kawat gigi, berikan perhatian ekstra pada gigi Anda – habiskan lebih besar banyak waktu untuk menjaga kebersihan mulut untuk menjaga dari penyakit gusi dan juga gigi berlubang. Flosser air juga bisa saja membantu,” tambah Dr. Kotak.

 

 
 

Artikel ini disadur dari Terapkan rutinitas menyikat gigi sejak usia muda untuk kesehatan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button