Lifestyle

Alasan Ilmiah Mengapa Ada Lubang Kecil di dalam Jendela Pesawat

Wanderviews.com –

Jakarta – Pernahkah Anda memerhatikan pada waktu naik pesawat ada sebuah lubang kecil di tempat setiap jendela? Jika iya, lubang yang disebutkan terletak di tempat tengah-tengah bagian bawah jendela pesawat.

Dilansir Travel and Leisure, ternyata ada alasan kegunaan lubang kecil dalam pesawat. Lubang yang digunakan dikenal sebagai lubang pembuangan yang dimaksud merupakan elemen penting di struktur pesawat sebab membantu mengatur tekanan udara.

Seorang juru bicara Airbus menyatakan bahwa semakin tinggi pesawat mengudara, maka tekanan udara semakin sedikit.

Tekanan udara yang digunakan rendah juga oksigen yang digunakan terbatas tidak ada ideal bagi manusia. Itu sebabnya pesawat diberi penjaga tekanan untuk menghasilkan penumpang tetap memperlihatkan nyaman sepanjang perjalanan.

“Saat pesawat naik selama penerbangan, tekanan udara dalam pada kabin turun. Namun, pesawat dirancang untuk menjaga tekanan udara yang mana aman di area di kabin demi kenyamanan penumpang,” katanya, seperti disitir dari Travel + Leisure.

Untungnya, pesawat terbang sudah pernah dirancang dengan cermat lalu diuji secara ekstensif selama beberapa dekade, serta dekompresi cepat akibat kegagalan struktural jarang terjadi berkat ciri keselamatan, seperti desain jendela pesawat.

Perlu diketahui, jendela merupakan titik lemah di tempat pesawat terbang lantaran terbuat dari akrilik, yang tiada sekuat berbagai logam yang mana biasanya membentuk bagian badan pesawat lainnya. Meski menjadi titik lemah, penampilan jendela pesawat sangat penting oleh sebab itu pramugari lalu pilot perlu melihat ke luar untuk mengetahui situasi darurat yang mana memerlukan evakuasi. Karena alasan ini, jendela dirancang sekuat mungkin, mulai dari bentuknya yang dimaksud oval hingga menambah lubang kecil. 

“Jendela pesawat sebenarnya memiliki tiga panel yakni panel luar untuk menangani perbedaan tekanan udara, panel sedang dengan lubang pembuangan, lubang kecil yang tersebut Anda lihat, yang membantu menyeimbangkan tekanan udara, lalu panel pada yang digunakan tipis yang digunakan membantu melindungi panel sedang juga luar dari kehancuran akibat aktivitas kabin pesawat,” paparnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button