Lifestyle

Profil kemudian Pekerjaan Mohammad Rizki Pratama, Anak Megawati dari Pernikahan Pertama

Wanderviews.com – Nama Mohammad Rizki Pratama kemungkinan besar terdengar asing di dalam telinga publik. Padahal pria yang tersebut akrab disapa Tatam itu merupakan anak sulung Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dari pernikahan pertama.

Sebagai informasi, Megawati pernah menikah dengan manusia perwira TNI AU bernama Lettu (Penerbang) Surindro Supjarso pada 1977. Namun suami pertama Megawati itu sudah meninggal dunia.

Dari pernikahan pertamanya, Megawati dikaruniai dua orang putra, yaitu Mohammad Rizki Pratama dan juga Mohammad Prananda Prabowo. Sosok Prananda sendiri juga merupakan salah satu kader PDIP.

Megawati kemudian menikah kembali dengan Taufiq Kiemas pada 1973. Dari pernikahan keduanya ini, Megawati dikaruniai seseorang putri bernama Puan Maharani. Sama seperti sang ibu, Puan terlibat di dalam dunia kebijakan pemerintah dan juga sekarang menjabat sebagai Ketua DPR RI.

Berbeda dengan dua adiknya, nama Tatam malah jarang terdengar pada dunia politik. Lalu, seperti apa sosok Tatam sebenarnya? Simak inilah profil lalu pekerjaan putra sulung Megawati.

Profil Mohammad Rizki Pratama

Putra sulung Megawati Soekarnoputri, Mohammad Rizky Pratama atau Tatam. (Rmol)
Putra sulung Megawati Soekarnoputri, Mohammad Rizky Pratama atau Tatam. (Rmol)

Mohammad Rizki Pratama atau Tatam memang sebenarnya jarang terlihat di tempat publik. Bahkan banyak rakyat yang tersebut tiada mengetahui bahwa Tatam adalah putra Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri sekaligus kemudian cucu proklamator Ir. Soekarno.

Sosok Tatam sendiri baru muncul dalam masyarakat usai Megawati terpilih sebagai Presiden RI menggantikan Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Kala itu, Megawati terpilih sebagai Presiden RI periode 2001-2004.

Tatam sendiri merupakan buah hati Megawati dengan suami pertamanya, yaitu mendiang Lettu (Penerbang) Surindro Supjarso.

Adapun ayah Tatam meninggal dunia di kecelakaan pesawat pada tahun 1970. Kala itu, pesawat Skyvan T-701 yang tersebut dikemudikannya jatuh pada wilayah Biak, Irian Jaya.

Megawati masih mengandung anak kedua, Prananda, pada waktu mendapat kabar sang suami meninggal dunia. Megawati kemudian menjadi single parent dengan mengurus dua anaknya.

Tatam kecil begitu setia menemani sang ibu sejak ayahnya meninggal dunia. Sampai akhirnya pada 1973, sang ibu memutuskan untuk menikah lagi dengan Taufiq Kiemas yang digunakan menjadi ayah tiri Tatam.

Dari pernikahan kedua sang ibu, Tatam memiliki pribadi adik tiri bernama Puan Maharani. Adik sambungnya itu sekarang bergerak sebagai Ketua DPR RI kemudian mengambil bagian mengurus PDIP.

Berbeda dengan dua adiknya yang mana memilih terjun ke dunia politik, Tatam memilih jalannya sendiri. Ia memutuskan untuk berkarier sebagai pengusaha. Hal ini menyebabkan namanya jarang terdengar di tempat sedang hingar bingar pesta demokrasi.

Meskipun demikian, Tatam beberapa kali kerap tertangkap kamera sedang menemani sang ibu di menjalankan tugas politiknya.

Sementara itu, sosoknya juga pernah memicu kontroversi. Hal ini pasca nama Tatam sempat disebut di tindakan hukum korupsi impor bawang putih. Kasus ini menyeret beberapa pejabat di tempat Kementerian Perdagangan pada tahun 2019 silam.

Namun dugaan keterlibatan Tatam di perkara korupsi itu telah dibantah dengan segera oleh mantan anggota DPR RI I Nyoman Dharmantra.

Kontributor : Dea Nabila

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button