Teknologi

10 Penyebab Siber WiFi pada Rumah Lemot yang tersebut Harus Diketahui

Jakarta – Koneksi wireless fidelity atau WiFi yang tersebut lemot tentu akan menghambat pekerjaan, baik pada kantor, rumah, maupun tempat usaha. 

Terdapat banyak faktor yang memungkinkan jaringan internet WiFi berubah menjadi melambat. Oleh lantaran itu, setiap pengguna harus mengidentifikasi akar masalahnya dengan cermat guna menemukan solusi yang dimaksud tepat. 

Daftar Penyebab Siber WiFi di dalam Rumah Lemot

Dilansir dari race.com, berikut 10 alasan mengapa internet WiFi melambat: 

1. Jarak dari Router Terlalu Jauh

Kekuatan sinyal dipengaruhi oleh jarak antara perangkat keras dengan router. Semakin berjauhan jaraknya, maka semakin besar kemungkinan pengguna mengalami masalah, seperti unduhan yang lambat kemudian banyak terputus. 

2. Banyak Alat yang dimaksud Terhubung

Apabila router WiFi terhubung ke berbagai perangkat, maka semakin sedikit bandwidth yang tersedia. Hal itu yang mana menyebabkan kecepatan WiFi semakin menurun. 

Ponsel pintar, laptop, televisi digital, dan juga perangkat Internet of Everything merupakan jenis gawai yang digunakan menghabiskan sebagian besar bandwidth. 

3. Gangguan dari Jaringan Lain

Sama seperti stasiun radio, saluran WiFi juga mampu saling tumpang tindih serta menyebabkan gangguan. 

Hal itu umumnya berlangsung di dalam kawasan padat penduduk, seperti kompleks apartemen yang tersebut mempunyai beberapa jaringan WiFi. 

4. Ada Penghalang Fisik

Benda-benda yang mana terbuat dari logam, beton, serta kayu dapat bertugas sebagai penghalang sinyal WiFi. 

Tak hanya sekali dinding dan juga benda yang menjulang tinggi, perabot besar kemudian beberapa peralatan juga dapat menghambat kinerja jaringan internet. Hasilnya, koneksi berubah menjadi lemah lalu kecepatan lebih lanjut lambat. 

5. Peralatan Keras Lama

Router dan juga modem yang mana ketinggalan zaman dapat berubah menjadi salah satu unsur asal-mula internet WiFi lemot. 

Seiring dengan berkembangnya teknologi, protokol baru akan menghasilkan kembali kecepatan jaringan yang tersebut lebih lanjut tinggi, tetapi perangkat keras lama tidaklah selalu membantu kemajuan tersebut. 

6. Aktivitas yang tersebut Membuat Boros Bandwidth

Melakukan aktivitas lalu mengakses perangkat lunak tertentu kemungkinan besar menghabiskan lebih banyak banyak bandwidth. 

Kegiatan seperti streaming video berkualitas tinggi, bermain gim daring (online), lalu mengunduh file berukuran besar mampu berubah menjadi sumber pemicu borosnya bandwidth, sehingga memengaruhi kecepatan sinyal. 

7. Pembatasan ISP

Pembatasan internet service provider (ISP) terjadi pada saat pelaksana layanan WiFi sengaja memperlambat kecepatan internet yang tersebut umumnya berlangsung pada waktu jam-jam puncak penggunaan. 

Meskipun praktik itu dianggap kontroversial, tetapi beberapa ISP melakukannya guna menjalankan kesibukan jaringan juga menggalakkan pengguna untuk membeli paket internet yang mana tambahan mahal. 

8. Pengaturan “Kualitas Layanan” Buruk

Kualitas layanan atau quality of service (QoS) merupakan ciri yang digunakan banyak ditemui pada router yang memungkinkan pengguna untuk memprioritaskan jenis sesudah itu lintas internet tertentu pada berhadapan dengan yang lain. 

Dengan cara itu, aktivitas penting, seperti konferensi video atau game online mendapatkan bandwidth yang dibutuhkan, agar koneksi berubah jadi lancar. 

Namun, pengaturan QoS yang bukan tepat justru dapat mengganggu kinerja jaringan WiFi. Apabila bukan disetel dengan benar, maka aktivitas yang tersebut seharusnya bukanlah bagian dari prioritas dapat menghabiskan tambahan sejumlah bandwidth. 

9. Banyak Peralatan Lunak Tersembunyi

Pembaruan perangkat lunak, pencadangan awan (cloud), dan juga bervariasi aplikasi mobile yang tersebut berjalan di latar belakang dapat secara diam-diam menghabiskan banyak bandwidth. Aktivitas di dalam latar belakang sistem itu dapat menghabiskan sumber daya yang digunakan memperlambat koneksi internet. 

10. Permasalahan Security Jaringan

Jaringan WiFi yang mana tak aman bagaikan pintu yang terbuka bagi siapa semata yang dimaksud ingin memanfaatkan koneksi internet. 

Pengguna yang mana terhubung ke jaringan internet secara ilegal bukan belaka memunculkan risiko keamanan, tetapi juga memonopoli bandwidth yang menyebabkan internet berubah jadi melambat. 

MELYNDA DWI PUSPITA 

Artikel ini disadur dari 10 Penyebab Internet WiFi di Rumah Lemot yang Harus Diketahui

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button