Kesehatan

Asam lambung naik? Atasi dengan 8 cara ini

DKI Jakarta – Salah satu penyakit yang mana umum terjadi adalah gastroesophageal reflux disease (GERD) atau keadaan di mana asam lambung naik ke kerongkongan. 

Meskipun umum terjadi, penyakit itu dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati atau mulas ke bagian bawah dada. Kondisi itu berlangsung pada saluran pencernaan yang tersebut menghubungkan mulut lalu lambung, juga dapat menyebabkan iritasi.

Naiknya asam lambung dapat memunculkan sensasi seperti terbakar (heartburn) di ulu hati atau di antara dada dan juga pusar. Ada beberapa cara yang tersebut dapat diambil untuk mengatasi GERD.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi penyakit tersebut:

1. Perubahan pola makan yang mana teratur
Salah satu pemicu asam lambung naik adalah waktu makan yang dimaksud berantakan. Buat jadwal makan yang dimaksud teratur setiap hari dan juga hindari makanan pedas, berlemak, kemudian berkafein. Makanlah pada porsi kecil serta jumlah kali lebih banyak rutin dibandingkan makan di porsi besar sekaligus

2. Beri jeda setelahnya makan
Jangan secara langsung berbaring, apalagi tidur setelahnya makan. Beri jarak waktu setidaknya 3 jam pasca makan, baru boleh berbaring atau pergi tidur. Langsung berbaring setelahnya makan bisa saja menimbulkan asam lambung naik ke tenggorokan. 

3. Menghindari makanan pemicu
Sejumlah makanan bisa saja memulai asam lambung naik, misalnya makanan berlemak akibat tubuh membutuhkan waktu lebih banyak lama untuk mencerna. Selain makanan berlemak, makanan lain yang menyebabkan penyakit itu antara lain kopi serta buah yang tersebut asam.

4. Pola tidur
Hindari tidur setelahnya makan. Jika penyakit sedang kambuh, tidurlah dengan kepala kemudian bahu lebih banyak tinggi dari tubuh.

5. Kurangi berat badan
Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan gejala.

6. Berhenti merokok
Merokok menyebabkan sfingter esofagus, cincin otot ke sekitar kerongkongan, melemah sehingga asam lambung bisa jadi naik.

7. Mengelola stres
Stres dapat memperburuk gejala. Coba teknik-teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi.

8. Konsultasi dengan dokter
Jika gejala tidaklah membaik meskipun telah mengubah gaya hidup, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih besar lanjut seperti pemanfaatan medikasi tertentu.

Setiap pendatang bisa saja sekadar mempunyai respons yang dimaksud berbeda setelahnya menerapkan cara-cara mengatasi asam lambung. Konsultasikan penyakit dengan dokter untuk rekomendasi yang tersebut sesuai dengan kondisi Anda.  

Artikel ini disadur dari Asam lambung naik? Atasi dengan 8 cara ini

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button