Olahraga

Timnas Voli Putri Tanah Air akan Dipimpin Pelatih kepala Asing, Ketum PBVSI Beri Bocorannya

Jakarta – Timnas voli putri Indonesi akan dipimpin instruktur asing mulai pertengahan tahun ini. Hal yang disebutkan diungkapkan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Negara Indonesia (PP PBVSI) Imam Sudjarwo.

“Mulai tahun ini, untuk menghadapi SEA Games (2025), kami akan menggunakan ahli asing untuk tim voli putri Indonesia. Kalau untuk regu putranya masih dilatih Jeff Jiang Jie,” ujar beliau di wawancara bersatu Tempo ke Kantor Indosiar, Daan Mogot, Ibukota Barat, Kamis, 27 Juni 2024.

Timnas voli putri Tanah Air sebelumnya lebih lanjut kerap ditangani instruktur lokal. Beberapa nama di dalam antaranya adalah Alim Suseno, Eko Waluyo, hingga yang pada waktu ini masih menjabat, Pedro Lilipaly. Prestasi Srikandi Merah Putih pada beberapa tahun terakhir belum memuaskan federasi. Dalam turnamen SEA Games, dia belum meraih emas sejak 1983. Di SEA V League, pasukan voli putri Nusantara juga semata-mata mampu menempati peringkat ketiga.

Imam mengungkapkan pihaknya akan datang menunjuk instruktur asing dari Thailand untuk menahkodai kelompok voli putri Negara Indonesia ke depan. Prestasi gemilang Tim Gajah Putih pada banyak turnamen berubah jadi pertimbangannya. Namun, ia masih belum mau membeberkan siapa nama instruktur Thailand yang digunakan akan mengatur tim voli putri Indonesia.

Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo. TEMPO/Randy

Dengan hadirnya ahli Thailand, Imam berharap bisa saja menularkan prestasi ke pasukan voli putri Indonesia. “Kalau untuk tim voli putri rencananya dari Thailand. Baguslah pokoknya dia. Kemarin kan kelompok voli putri Thailand juga sampai ke VNL kan,” tuturnya.

Tim voli putri Thailand dapat dikatakan bermetamorfosis menjadi yang terbaik dalam Asia Tenggara. Mereka empat kali beruntun juara SEA V League, tak lama kemudian 14 kali beruntun meraih medali emas SEA Games. Thailand juga berubah menjadi satu-satunya perwakilan Asia Tenggara yang mana tampil pada kompetisi FIVB Women’s Volleyball Nations League (VNL). Total telah enam kali merekan berpartisipasi dengan dua dalam antaranya berhasil masuk ke putaran final round.

Imam mengungkapkan target terdekat federasi untuk timnas voli putri Tanah Air adalah memperbaiki prestasi di SEA Games 2025 Thailand. Namun sebelum itu, Garuda Pertiwi diagendakan berjuang di turnamen SEA V League 2024 Putri yang dimaksud akan dimulai pada Agustus dengan Vietnam serta Thailand sebagai tuan rumah untuk sesi pertama juga kedua.

Artikel ini disadur dari Timnas Voli Putri Indonesia akan Dipimpin Pelatih Asing, Ketum PBVSI Beri Bocorannya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button