Entertainment

Industri Wisata Turki Panik, Turis Lokal Banyak yang dimaksud Pilih Liburan ke Yunani lantaran Bebas Visa

Jakarta – Industri pariwisata Turki panik setelahnya mengalami penurunan pariwisata secara besar-besaran. Hotel-hotel dibiarkan kosong oleh sebab itu sejumlah wisatawan yang digunakan memilih berlibur ke Yunani setelahnya negara yang disebutkan menimbulkan aturan bebas visa untuk Turki.

Pada 1 April, Yunani meluncurkan visa pada ketika kedatangan atau visa on arrival bagi wisatawan Turki. Warga negara Turki berhak mengunjungi satu puluh pulau Yunani dengan visa ekspres hingga tujuh hari, satu kali masuk. Hal ini menyebabkan jumlah total wisatawan Turki di dalam Yunani melonjak sementara berbagai kamar hotel ke resor Turki kosong, menurut VisaGuide.World.

Selama satu puluh hari pertama April, pulau-pulau seperti Lesvos, Chios, Samos, Kos, kemudian Rhodes menyambut 20.690 wisatawan Turki.

Hotel lalu resor potong harga

Perwakilan pariwisata di Turki menyatakan keprihatinannya mengenai situasi ini, beberapa di antaranya bahkan menuntut pembatalan visa ekspres. Penurunan pariwisata sudah memaksa resor-resor Turki seperti Borum untuk menurunkan biaya hingga 50 persen mulai paruh kedua Juli kemudian dua minggu pertama Agustus untuk menantang pengunjung.

Demir, Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Asosiasi Agen Peluang Usaha Pariwisata Turki (TÜRSAB) mengatakan, merekan membantu upaya agar kamar-kamar hotel tiada kosong. “Rekan-rekan pelaku perusahaan bisnis hotel kami memproduksi perhitungan lalu memberikan diskon sehingga setidaknya ruangan tidak ada akan kosong, dia dapat membayar staf dan juga tidaklah memberhentikan mereka,” kata dia, seperti dilansir Express.co.uk, Ahad, 21 Juli 2024.

Lebih terjangkau liburan ke Yunani 

Bukan hanya saja hotel, restoran-restoran ke beberapa kota liburan di Turki juga setengah kosong pada puncak musim liburan. Banyak penduduk setempat merasa lebih banyak tidak mahal berlibur ke Yunani daripada menginap kemudian makan ke salah satu resor terkenal ke bola di dalam negara dia sendiri.

Dilansir dari Hindustan Times, nilai tukar restoran lalu hotel naik rata-rata 91 persen pada Juni dibandingkan tahun sebelumnya, melampaui naiknya harga umum yang tersebut telah sebesar 71,6 persen. 

“Kami sudah kehilangan keunggulan harga,” kata Kivanc Meric, seseorang eksekutif di dalam Asosiasi Agen Perjalanan Turki, untuk Euronews pada sebuah wawancara. Meric memaparkan ia memperkirakan sebanyak 150.000 warga Turki akan pergi ke pulau Samos di dalam Yunani tahun ini, naik dari sekitar 40.000 pada 2023.

Kunjungan wisata Yunani 

Yunani mengalami peningkatan kunjungan wisatawan pada 2023 dengan total 33 jt turis, naik lebih tinggi dari lima jt dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menurut data Organisasi Peluang Usaha Pariwisata Nasional Yunani (GNTO). Jumlah ini menjadikan yunani sebagai negara kesepuluh yang mana paling berbagai dikunjungi di dunia.

Athena sendiri menyambut tambahan dari tujuh jt wisatawan pada 2023. Para ahli memperkirakan jumlah total wisatawan akan meningkat sebesar 20 persen pada tahun ini. Meskipun peningkatan ini meningkatkan perekonomian Yunani, hal ini juga telah dilakukan mengakibatkan krisis perumahan besar di ibu kota lalu juga membebani sumber daya lokal. Sebagian komunitas lokal melakukan aksi berunjuk rasa dengan grafiti “No more tourism”. 

Yunani juga Turki berbatasan segera pada darat maupun dalam laut. Pulau-pulau liburan ke Yunani sanggup terlihat dari Turki, bisa saja diakses dengan segera dengan kapal laut.

EXPRESS.CO.UK | HINDUSTAN TIMES | EURONEWS

Artikel ini disadur dari Industri Pariwisata Turki Panik, Turis Lokal Banyak yang Pilih Liburan ke Yunani karena Bebas Visa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button