Otomotif

8 Cara Menghidupkan Mobil yang Tidak Bisa Distarter

Jakarta – Mobil yang tidak ada mampu distarter adalah hambatan yang digunakan umum dialami oleh sejumlah pengendara. Situasi ini sanggup sangat menyebalkan, teristimewa jikalau terbentuk dalam pada waktu yang mana tidak ada tepat. 

Penyebab mobil tak sanggup distarter mampu bervariasi, mulai dari hambatan baterai, alternator, sistem starter, hingga hambatan materi bakar.

Cara Menghidupkan Mobil yang tersebut Tidak Bisa Distarter

Ada sejumlah alasan mengapa mobil bukan mampu distarter meskipun telah lama dirawat secara rutin. Melansir autonation mobile service, berikut adalah beberapa cara yang digunakan bisa jadi dilaksanakan ketika mobil tidak ada sanggup distarter.

1. Periksa Kondisi Aki

Aki yang mana lemah atau habis adalah salah satu pemicu paling umum mobil tidaklah sanggup distarter. Aki mobil merupakan komponen listrik penting yang digunakan menyimpan daya yang diperlukan untuk menjalankan kendaraan Anda. 

Jika aki mobil terhenti alias tiada memiliki daya, maka aki tidaklah dapat menyala. Solusinya adalah terus-menerus simpan kabel jumper di bagasi mobil Anda untuk keadaan darurat seperti ini. 

2. Cek Terminal Baterai

Terminal elemen penyimpan daya yang dimaksud kotor atau kendur juga sanggup menyebabkan mobil tak dapat distarter. Terminal yang tersebut teroksidasi dapat menghambat aliran listrik dari penyimpan daya ke sistem starter. 

Agar mobil mampu menyala, cobalah matikan mobil terlebih dahulu, kemudian coba putar dan juga putar sambungan kabel pada terminal aki. Jika bergerak, maka terminal sel kendor kemudian Anda harus mengencangkannya. 

3. Periksa Sistem Starter

Jika sel pada keadaan baik, permasalahan mungkin saja terletak pada sistem starter. Sistem starter terdiri dari motor starter serta solenoid starter yang berfungsi untuk memutar mesin ketika kunci kontak diputar. 

Ketika sistem sistem starter rusak, Anda kemungkinan besar harus mengganti motor starter atau solenoid. Untuk kesulitan starter yang dimaksud tambahan kompleks, sebaiknya bawa mobil Anda ke mekanik profesional.

4. Pastikan Mobil pada Keadaan Parkir atau Netral

Salah satu pemicu mobil tak bisa jadi distarter dikarenakan mobil tidaklah pada keadaan netral. Untuk mengatasinya, pindahkan gigi ke netral lalu lihat apakah mobil dapat menyala. 

Anda juga dapat mencoba menekan pedal rem. Jika Anda miliki kendaraan dengan transmisi manual, tekan pedal kopling ke bawah. 

5. Cek Sekring

Sekring mobil adalah komponen yang melindungi kabel listrik serta kendaraan dari kerusakan. Sekring yang dimaksud rusak atau putus dapat menghalangi aliran listrik ke relay starter, yang digunakan dibutuhkan untuk menyalakan percikan api, penyalaan, kemudian tenaga untuk menggerakkan kendaraan. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, periksa apakah ada sekring yang dimaksud putus atau kerusakan kabel yang tersebut terlihat. Jika menemukan sekring yang rusak, segera hubungi mekanik untuk memperbaikinya.

6. Periksa Sistem Bahan Bakar

Cara menghidupkan mobil yang tidak ada dapat distarter selanjutnya adalah memeriksa sistem material bakar. Pompa substansi bakar yang digunakan rusak atau filter materi bakar yang mana tersumbat, juga dapat menyebabkan mobil tak mampu distarter.

7. Perbaiki Busi

Jika mobil memiliki elemen penyimpan daya yang mana bagus kemudian unsur bakar yang tersebut cukup ke tangki bensin, tapi mobil masih tiada dapat dihidupkan, kemungkinan besar businya rusak. 

Tanda-tanda busi yang dimaksud rusak tiada simpel dikenali serta rutin kali berjalan bersamaan dengan permasalahan pada komponen kendaraan lainnya. Sebaiknya kendaraan Anda diperiksa oleh mekanik profesional untuk meyakinkan apakah busi, tutup distributor, atau koil pengapian Anda rusak.

8. Filter materi Bakar Tersumbat

Filter material bakar membantu menyaring serpihan dan juga partikel karat dari komponen bakar, kemudian mengalirkan komponen bakar bersih dari tangki bensin ke injektor material bakar. 

Jika filter substansi bakar tersumbat, maka mobil bukan bisa saja sepenuhnya dihidupkan. Oleh akibat itu, cek dengan rutin filter materi bakar agar tak tersumbat. 

RIZKI DEWI AYU

Artikel ini disadur dari 8 Cara Menghidupkan Mobil yang Tidak Bisa Distarter

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button