Lifestyle

PPIH Minta Jemaah Haji yang mana Baru Pulang Melapor ke Puskesmas

Jakarta – Pemulangan jemaah haji ke Tanah Air masih terus berlangsung. Hingga 7 Juli 2024 pukul 21.00 waktu Arab Saudi, jemaah haji dan personel yang mana telah terjadi diterbangkan ke Tanah Air mencapai 115.181 pendatang juga tergabung di 293 kelompok terbang. 

Sementara jemaah gelombang II terus diberangkatkan dari Makkah ke Madinah untuk selanjutnya menanti jadwal kepulangan ke Tanah Air. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memohonkan jemaah haji Nusantara melapor ke puskesmas terdekat bahwa baru hanya kembali Tanah Suci sehingga situasi kebugaran sanggup terpantau.

“Jemaah haji yang digunakan telah dilakukan kembali ke Nusantara akan dipantau kesehatannya selama 21 hari oleh Dinas Bidang Kesehatan setempat,” ujar anggota Industri Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, pada Jakarta, Senin, 8 Juli 2024.

Segera melapor bila ada gangguan mental kesehatan
Widi memaparkan apabila setibanya di dalam Indonesia kemudian merasakan adanya gangguan jiwa kesehatan, jemaah diminta secara langsung melapor agar mendapat penanganan medis.

“Apabila selama pemantauan ada gangguan jiwa kesegaran diharapkan segera melapor ke prasarana kesehatan setempat,” ujarnya.

Ia juga mengimbau jemaah haji untuk terus menerapkan Perilaku Hidup Bersih Optimal (PHBS) setibanya ke kampung halaman serta selama langkah-langkah pemantauan kesehatan. Di satu sisi, keadaan cuaca ke Madinah pada waktu ini paling rendah 28 derajat Celsius dan juga paling besar 43 derajat Celsius. Karena itu, jemaah diimbau untuk terus menjaga kesehatan dengan makan, minum, dan juga cukup istirahat dan juga mengonsumsi obat yang dimaksud dianjurkan dokter.

“Batasi aktivitas pada luar hotel kemudian city tour. Kalaupun harus bepergian kekal mengenakan alat pelindung diri merupakan payung, topi lebar, kemudian kaca mata hitam, menghadirkan air minum untuk menghindari dehidrasi,” imbaunya.

Jemaah haji juga diminta terus berkelompok, jangan memisahkan diri agar tak tersesat, menghadirkan identitas diri dalam bentuk paspor, visa, lalu gelang tangan.

Artikel ini disadur dari PPIH Minta Jemaah Haji yang Baru Pulang Melapor ke Puskesmas

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button