Teknologi

Inilah 5 Alasan Anak Masuk SD Harus Berusia 7 Tahun

Jakarta – Di sejumlah negara, diantaranya Indonesia, kebijakan untuk memasukkan anak ke sekolah dasar (SD ) pada umur 7 tahun telah dilakukan diterapkan selama bertahun-tahun. Lantas, apa alasan anak masuk SD harus berusia 7 tahun?

1. Aspek Psikologis 

Dilansir dari laman Badan Pendidikan Kristen Penabur, sewaktu anak memasuki usia 7 tahun, secara psikologis kemampuan konsentrasi anak telah terjadi meningkat. Jadi merekan dapat membedakan mana hal yang digunakan harus diperhatikan mana yang dimaksud tidak. Kemampuan konsentrasi pada anak tujuh tahun sekitar 30-45 menit. 

Sementara itu, ke bawah usia tujuh tahun masih mengembangkan keterampilan geraknya. Jika mereka itu dipaksa masuk pada usia tersebut, mampu menyebabkan anak sulit berkonsentrasi dan juga memperhatikan pelajaran di di kelas.

2. Aspek kognitif

Ketika anak masuk SD kemampuan membaca, menulis, lalu berhitung mudah perlu dimiliki anak agar sanggup mengikuti pelajaran pada kelas. Mereka juga diharapkan mampu mengerti juga mengikuti instruksi yang mana diberikan guru. Pada usia 7 tahun, anak umumnya telah terjadi menguasai kemampuan – kemampuan yang dimaksud sehingga lebih lanjut siap untuk belajar di sekolah.

3. Aspek Fisik 

Anak usia 7 tahun miliki otot dan juga syaraf yang tersebut sudah ada terbentuk. Hal yang disebutkan menghasilkan dia sudah ada siap untuk belajar di sekolah dari pagi hingga siang. Mereka juga sudah ada dapat menggunakan alat tulis tanpa harus dibantu guru.

4. Aspek Emosi 

Saat mencapai usia 7 tahun, anak dinilai miliki emosi yang digunakan telah cukup matang bila dibandingkan pada waktu merekan di taman kanak-kanak. Mereka akan bisa jadi lebih besar mandiri, mampu membedakan kapan dia harus bermain, kemudian kapan harus belajar dan juga mengerjakan tugas yang tersebut diberikan guru. 

Jadi, jikalau menyekolahkan anak terlalu dini, permasalahan yang tersebut timbul adalah saat anak dapat mengikuti pelajaran pada sekolah, tapi pada sisi lain, anak masih minta ditunggui khalayak tua atau tak berani pipis sendiri ke toilet umum sekolah.

5. Aspek Mandiri 

Mungkin anak-anak akan terlihat manja terhadap khalayak tua mereka, namun ketika usianya sudah ada 7 tahun anak akan lebih banyak mandiri hal yang disebutkan dibuktikan dari anak yang tersebut bisa saja melakukan kegiatannya sendiri seperti mandi, memakai baju, menata tempat tidur bahkan makan.

MELINDA KUSUMA NINGRUM

Psikolog Sebut Pengaruh Tidak Baik Masukkan Anak ke SD sebelum Waktunya

Artikel ini disadur dari Inilah 5 Alasan Anak Masuk SD Harus Berusia 7 Tahun

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button