Entertainment

5 Tips Melindungi Paspor agar Tak Hilang atau Terjadi Kerusakan ketika Traveling

Jakarta – Paspor berubah menjadi identitas resmi pelancong pada waktu berada di dalam luar negeri. Jadi, paspor yang tersebut hilang atau rusak dapat menjadi pengalaman yang digunakan buruk, khususnya ketika jarak jauh dari konsulat yang digunakan dapat membantu mengatasinya. 

Seperti uang, paspor juga diperlukan dijaga dengan baik. Jadi, simpan paspor sebaik kemungkinan besar pada waktu bepergian lalu pastikan paspor itu aman dalam tas atau apa pun yang mana kemungkinan besar bawa kemana-mana.

Berikut tips melindungi paspor pada waktu traveling pada luar negeri, seperti dilansir dari Insider. 

1. Tinggalkan paspor di dalam hotel

Meskipun paspor adalah bentuk tanda pengenal, pelancong mungkin saja tidak ada harus membawanya sepanjang hari pasca mencapai tujuan. Menurut Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, salah satu cara untuk mengamankannya adalah meninggalkan paspor di rumah atau hotel, seperti yang mana direalisasikan dengan barang berharga lainnya.

Selain aman dari pencurian atau tertinggal, paspor juga akan terlindungi dari air atau kelembapan yang mana sanggup merobohkan halamannya. Tanda pengenal sekunder seperti salinan paspor mampu dibawa-bawa sebagai pengganti.

2. Siapkan beberapa salinan

Memiliki banyak salinan paspor sangat penting untuk keadaan darurat.

“Buatlah dua salinan halaman ID paspor Anda, yaitu halaman dengan foto Anda, tanggal lahir Anda, dll. Ini adalah sanggup sebagai scan gambar atau hard copy. Berikan satu salinan terhadap seseorang yang tersebut Anda percaya apabila Anda perlu menghubungi mereka itu ketika pada perjalanan. Bawalah salinan lainnya,” demikian saran website web Travel Insurance Review.

3. Sering-seringlah memeriksanya

Ada baiknya rutin memeriksa paspor di dalam tempat penyimpanannya untuk melakukan konfirmasi masih aman. Semakin kerap melakukannya, semakin simpel untuk melacaknya apabila salah menaruhnya. 

4. Pakai tas pinggang

Bawa tas pinggang atau money belt kemungkinan besar ketinggalan zaman, tapi ini adalah adalah cara paling aman untuk bawa uang serta paspor ketika bepergian, menurut Travel Insurance Review.

“Sabuk uang menyimpan barang-barang penting di dalam tempat yang aman (tidak seperti saku belakang celana), bukan terlihat oleh calon pencuri juga disimpan ke balik pakaian,” saran pengguna Quora Erica Palzeck.

5. Jangan serahkan ke khalayak lain

Meskipun nampaknya aman memberikan semua paspor untuk penduduk yang digunakan paling bertanggung jawab pada perjalanan, hal ini sebenarnya tiada disarankan. Sebab, apabila ia dicopet atau kehilangan tas, seluruh paspor akan hilang.

Setiap pendatang harus bertanggung jawab melawan paspornya sendiri jikalau memungkinkan. Itu berarti pelancong juga tidak ada boleh meninggalkannya di meja hotel, menurut The Daily Mail.

Artikel ini disadur dari 5 Tips Melindungi Paspor agar Tak Hilang atau Rusak saat Traveling

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button