Kesehatan

Gagasan 3 Capres Soal Peduli Disabilitas, Ini adalah Kata Anies Baswedan, Prabowo, juga Ganjar Pranowo

Jakarta – Dalam masa kampanye tiga calon presiden (capres) mengusung isu disabilitas. Hal ini terlihat saat Anies Baswedan hadir pada acara diskusi santai disabilitas se-Jabodetabek. Tak semata-mata Anies, beberapa waktu sesudah itu Ganjar punmelakukan kampanye dalam NTB dengan bertemu kelompok disabilitas. Berikut gagasan ketiga capres terkait disabilitas.

Anies Baswedan

Anies melakukan kampanye dengan bertemu penyandang disabilitas se-Jabodetabek pada hari ini, Jum’at, 15 Desember 2023. Acara yang tersebut disebut sebagai diskusi santai Disabilitas Se-Jakarta, Bogor, Depok serta Bekasi akan diselenggarakan dalam Islamic Center Daerah Perkotaan Bekasi, Jalan. Ahmad Yani, Marga Jaya, Kecamatan. Bekasi Selatan. 

Dalam kegiatan ini ia berjanji akan melanjutkan kegiatan Kartu Penyandang Disabilitas seperti yang dimaksud pernah dibuat pada saat mengatur DKI Jakarta. Menurut Anies kartu yang dimaksud dapat membantu kesejahteraan kelompok penyandang disabilitas.

“Insya Allah program-program untuk penyandang disabilitas ke Ibukota Indonesia yang digunakan dirasakan baik, bermanfaat, itu akan kita tingkatkan untuk dilaksanakan dalam tingkat nasional,” ujar Anies.

Anies Baswedan sebagai capres nomor urut 1 mengemukakan kelompok disabilitas masuk di visi-misinya. Visi misi Tanah Air Adil Makmur untuk Semua yang mana diusung Anies sama-sama Amin menyebutkan kelompok disabilitas masuk di 28 simpul kesejahteraan. Ia juga menyebutkan bahwa kelompok disabilitas harus dilindungi, dihormati, serta difasilitasi.

Prabowo Subianto

Pasangan Prabowo-Gibran memasukan isu disabilitas di 8 misi Asta Cita yang mana diusungnya. Isu disabilitas masuk pada poin keenam terkait menguatkan pengerjaan sumber daya manusia. Isi misi yang disebutkan yakni pertama, memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, juga hak asasi manusia (HAM).

Hal ini juga disampaikan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati, diambil dari Antara News. Ia mengemukakan Prabowo-Gibran memperjuangkan hak kesetaraan gender, proteksi hak perempuan, anak, juga penyandang disabilitas.

“Negara memiliki peran utama pada penguatan kesetaraan gender lalu pengamanan hak perempuan, anak, dan juga penyandang disabilitas,” kata Sara pada keterang persnya di Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Ganjar Pranowo

Pada 3 Desember 2023 ia melakukan kampanye di dalam Graha Futsal Mataram, Nusa Tenggara Barat atau NTB. Di sana ia bertemu dengan kelompok disabilitas Lombok di perayaan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023. Ganjar Pranowo menyampaikan ruang-ruang masyarakat yang ada kurang ramah terhadap penyandang disabilitas. Dia berjanji akan mengupayakan penyediaan inklusivitas infrastruktur ke ruang publik.

“Maka saya sedikit punya pengalaman pada pada waktu jadi gubernur waktu itu kelompok disabilitas adalah salah satu kelompok yang dimaksud selalu kami ajak di musyawarah perencanaan perkembangan pada samping kelompok perempuan dan juga anak, inilah cara memproduksi setara semuanya serta tidaklah ada yang tersebut ditinggalkan, no one left behind,” kata Ganjar.

YOLANDA AGNE | TIKA AYU | ADIL AL HASAN | MOH. KHORY ALFARIZI

Artikel ini disadur dari Gagasan 3 Capres Soal Peduli Disabilitas, Ini Kata Anies Baswedan, Prabowo, dan Ganjar Pranowo

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button