Olahraga

Pernyataan Resmi BWF tentang Meninggalnya Zhang Zhi Jie di dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024

TEMPO.CO, Ibukota Indonesia – Federasi Bulu Tangkis Bumi (BWF) merespons kabar meninggalnya atlet bulu tangkis China, Zhang Zhi Jie, pada kompetisi Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024. BWF mengkaji bahwa hal yang dimaksud adalah kejadian tragis. “Federasi Bulu Tangkis Bumi (BWF) menggunakan kesempatan ini untuk sekali lagi menyampaikan belasungkawa terdalam kami untuk keluarga Zhang Zhi Jie, rekan satu timnya, Asosiasi Bulu Tangkis China, lalu seluruh komunitas bulu tangkis China,” tulis BWF.

“Meninggalnya Zhang di Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia dalam Yogyakarta pada 30 Juni adalah kejadian tragis, lalu kami mengambil semua langkah yang mana diperlukan untuk meninjau hambatan ini secara menyeluruh dengan berkonsultasi dengan Badminton Asia lalu Persatuan Bulu Tangkis Negara Indonesia (PBSI).”

BWF menganggap bahwa Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia berada di dalam bawah yurisdiksi Badminton Asia. BWF memiliki seperangkat pedoman juga instruksi medis keseluruhan yang tersedia untuk digunakan oleh badan pengatur lainnya di tingkat regional atau nasional yang mana menyelenggarakan kejuaraan yang digunakan disetujui federasi. 

“Namun, BWF mengutarakan setiap badan pengatur tentang cara menerapkan protokol dan juga praktik medis ini ke arena penyelenggaraan. BWF sedang mengawaitu laporan resmi dari Bulu Tangkis Asia dan juga pelaksana lokal untuk menganggap apakah prosedur medis yang dimaksud benar disertai di memberikan bantuan untuk Zhang saat ia jatuh pada lapangan,” kata BWF.

“Menurut pedoman tersebut, dokter turnamen, ke bawah arahan wasit, mempunyai tanggung jawab untuk menanggapi keadaan darurat di lapangan, diantaranya dugaan serangan jantung, kemudian pada skenario ini, untuk memberikan intervensi hingga tindakan medis yang mana tepat dapat tersedia (misalnya ambulans).”

“Ketika menerapkan pedoman ini, ditegaskan kembali bahwa semua personel harus siap setiap ketika untuk menanggapi semua intervensi medis yang digunakan diperlukan, diantaranya keadaan darurat, sesegera mungkin. Setelah tinjauan kami selesai, kami akan menentukan apakah aspek-aspek tertentu dari pedoman ini wajib diubah,” ucap BWF.

“Peninjauan yang tersebut ada, yang tersebut dimulai awal tahun ini, mengevaluasi kebijakan serta prosedur BWF mengenai intervensi darurat oleh dokter kompetisi untuk menegaskan perawatan yang dimaksud paling tepat serta tepat waktu, akan mencakup temuan dari penilaian BWF lalu laporan Badminton Asia,” tulis BWF.

Atlet bulu tangkis jika Cina, Zhang Zhi Jie, 17 tahun tak sadarkan diri pada waktu laga BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 ke GOR Amongrogo, Yogyakarta Akhir Pekan 30 Juni 2024. Dok.istimewa.

Artikel ini disadur dari Pernyataan Resmi BWF soal Meninggalnya Zhang Zhi Jie di Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button