Ekonomi

Pengertian SBN, surat berharga yang dimaksud berubah menjadi pilihan pembangunan ekonomi aman

DKI Jakarta – SBN yang tersebut kepanjangannya Surat Berharga Negara merupakan instrumen keuangan yang dimaksud diterbitkan oleh pemerintah suatu negara sebagai salah satu cara untuk membiayai kebijakan kemudian programnya.

Di Indonesia, SBN terdiri dari Surat Utang Negara (SUN) dan juga Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang dimaksud diterbitkan sebagai salah satu instrumen untuk memenuhi pembiayaan Anggaran Pendapatan kemudian Belanja Negara (APBN).

Menurut Undang-Undang Nomor 24 tahun 2002 tentang Surat Utang Negara, SBN adalah surat berharga yang digunakan merupakan surat pengakuan utang di mata uang rupiah maupun valuta asing yang tersebut dijamin pembayaran bunga kemudian pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai masa berlakunya.

Sementara menurut Undang-Undang Nomor 19 tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara, SBSN yang dimaksud bisa jadi juga disebut Sukuk Negara, adalah surat berharga negara yang dimaksud diterbitkan berdasarkan prinsip syariah, sebagai bukti berhadapan dengan bagian penyertaan terhadap Aset SBSN, baik di mata uang rupiah maupun valuta asing.

SBN merupakan pilihan penanaman modal yang dimaksud aman lalu dapat berubah jadi pilihan yang tersebut menyita perhatian bagi para pemodal lembaga maupun perorangan.

Menurut Kementerian Keuangan, pemerintah menerbitkan SBN dengan tujuan sebagai berikut:

  • Membiayai APBN salah satunya membiayai konstruksi proyek,
  • Menutup kekurangan kas jangka pendek, dan
  • Mengelola portofolio utang negara.

Karena diterbitkan oleh pemerintah dan juga digunakan sebagai salah satu sumber pembiayaan APBN, maka SBN merupakan salah satu item penanaman modal yang digunakan aman. Dan surat utang ini bisa saja berubah menjadi pilihan menawan bagi siapa pun yang tersebut ingin berinvestasi, salah satunya gen Z.

Berikut keuntungan berinvestasi dalam SBN:

  • Pembayaran pokok lalu imbalan/kupon dijamin oleh negara,
  • Tingkat imbalan kompetitif, 
  • Tingkat imbalan permanen untuk seri SR serta ORI dan juga imbalan mengambang dengan batas minimal untuk seri ST dan juga SBR,
  • Imbalan dibayar tiap bulan,
  • Cukup dengan Rp1 juta Anda sudah ada bisa saja berinvestasi dalam SBN Ritel,
  • Mendukung Modal Pembangunan Nasional.

Artikel ini disadur dari Pengertian SBN, surat berharga yang menjadi pilihan investasi aman

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button