Olahraga

PBVSI Targetkan Negara Indonesia Tembus Empat Besar Kejuaraan Bola Voli Putra AVC U-20 2024

Jakarta – Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Imam Sudjarwo mengungkapkan target untuk Timnas Tanah Air ke Kejuaraan Bola Voli Putra AVC U-20 2024. Ia ingin Regu Garuda mampu masuk empat besar atau minimal lolos ke semifinal.

“Targetnya kami ke sana (AVC U-20 2024) adalah empat besar. Kalau kami dapat empat besar, maka kami bisa jadi masuk ke event FIVB U-21 atau Piala Dunianya voli tahun 2025,” kata beliau pada wawancara bersama Tempo di Kantor Indosiar, Daan Mogot, Ibukota Barat, Kamis, 27 Juni 2024.

Demi mencapai target tersebut, Imam mengungkapkan PBVSI sengaja membentuk tim Ibukota Indonesia Garuda Jaya yang tersebut diikutkan pada kompetisi Proliga 2024. Tim itu diisi oleh para pemain muda yang tersebut diproyeksikan meningkatkan kekuatan pasukan Indonesia ke AVC U-20 2024.

Jakarta Garuda Jaya sendiri berubah menjadi bulan-bulanan ke Proliga 2024 sepanjang putaran penyisihan. Tim asuhan Li Qiuijang itu tak lolos ke final four pasca belaka menempati peringkat ketujuh dengan catatan 12 kali kalah tanpa meraih kemenangan.

Imam pun tidak ada mempermasalahkan hal tersebut, serta lebih lanjut mengawasi pada kemajuan mereka itu sepanjang mengikuti kompetisi. Menurut dia, memang benar sudah ada selayaknya Ibukota Garuda Jaya dibuat sesi belur oleh pasukan lain yang berisikan para pemain senior.

“Kalau di Proliga 2024 kemarin kan lawannya senior semua. Kalau merekan ‘digebukin’ ya biarkan sekadar akibat itu memang sebenarnya enggak mungkin saja merekan menang. Tapi, ada sebuah progres yang digunakan bagus,” ucapnya. “Proliga itu adalah event untuk latihan mereka, semacam pemusatan latihan. Apapun hasilnya, kami syukuri. Tapi ternyata ada sebuah peningkatan, ada sebuah pengalaman yang digunakan didapat.”

Sebelumnya, Ibukota Garuda Jaya juga dikirim PBVSI untuk berlaga di kompetisi AVC Challenge Cup 2024 Bahrain. Hasilnya tak sangat jauh berbeda dengan ke Proliga 2024. Mereka menempati peringkat ketiga grup C dengan catatan dua kali kalah tanpa meraih kemenangan pertandingan kemudian belaka menempati peringkat ke-11. Satu-satunya kemenangan diraih pada waktu mereka itu mengalahkan Taiwan di perebutan peringkat ke-11 turnamen.

“Di Bahrain itu harusnya pasukan senior yang dimaksud bermain, tapi mereka (Jakarta Garuda Jaya) bisa saja mengalahkan Taiwan. Itu pengalaman yang dimaksud luar biasa juga. Itu yang dimaksud kami persiapan untuk main ke AVC U-20 dalam Surabaya. Melihat progresnya, ini luar biasa anak-anak muda juga nanti (di AVC U-20) mereka akan menghadapi lawan yang digunakan seumuran,” ucap Imam.

Kejuaraan Bola Voli AVC U-20 2024 sendiri akan diselenggarakan di Surabaya mulai 23-30 Juli 2024. Tanah Air menggantikan Taiwan yang sebelumnya ditunjuk AVC sebagai tuan rumah. Ajang ini sekaligus berubah jadi kualifikasi untuk turnamen Piala Global U-21 Putra FIVB 2025.

Artikel ini disadur dari PBVSI Targetkan Indonesia Tembus Empat Besar Kejuaraan Bola Voli Putra AVC U-20 2024

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button