Olahraga

Duel Timnas U-16 Negara Indonesia vs Vietnam dalam Piala AFF U-16 2024, Nova Arianto Antisipasi Pelanggaran Tak Penting

TEMPO.CO, SoloTimnas U-16 Negara Indonesia kembali menjalani latihan mendekati laga terakhir Piala AFF U-16 2024 di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Selasa, 2 Juli 2024. Putu Panji kemudian kawan-kawannya akan bertarung dengan Vietnam untuk bersaing untuk kelompok peringkat ketiga pada pertandingan pada Stadion Manahan Solo, Rabu, 3 Juli 2024, pukul 15.00 WIB. 

Ditemui sebelum sesi latihan, instruktur Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, meyakinkan akan ada pembaharuan strategi dan juga rotasi atau inovasi pemain untuk pertandingan besok. Ia mempertimbangkan keadaan banyak pemain yang tersebut mengambil bagian berlaga pada pertandingan berhadapan dengan Timnas U-16 Australia sebelumnya, Senin, 1 Juli 2024.  

“Kami lihat. Perubahan strategi atau rotasi pasti ada, ada pemain kondisi yang tersebut terlalu kecapekan dikarenakan pertandingan kemarin. kami lihat siapa yang digunakan siap,” ujar Nova. 

Soal penilaiannya terhadap permainan Timnas U-16 Vietnam, Nova berpendapat dari permainan mereka itu hampir serupa dengan Indonesia. Namun, grup ahli masih mengantisipasi permainan lawan besok agar bukan berlangsung pelanggaran-pelanggaran tak diharapkan seperti yang mana terjadi pada waktu pertandingan berperang melawan Singapura, Filipina, maupun Laos. “Secara main hampir sejenis seperti kami. Kami pun sudah ada mengantisipasi bagaimana permainan Vietnam agar bukan terbentuk kejadian Singapura, Filipina, juga Laos,” kata dia.

Menurut Nova, mental pemain berubah menjadi evaluasi tersendiri bagi timnya. Dari catatannya, permasalahan mentalitas muncul tidak semata-mata pada pertandingan berhadapan dengan Australia, tapi pada waktu pertandingan lawan Singapura, Filipina, lalu Laos. 

“Pemain di awal-awal menit pemain sangat-sangat excited, agresif, sehingga memproduksi pelanggaran-pelanggaran yang mana menurut saya tak diperlukan terjadi. Jadi beberapa pertandingan kita kena penalti kemudian kartu merah itu adalah kesulitan individual error pemain sebenarnya, Main menggebu-ngebu tapi tidak ada mampu kontrol emosi sehingga pelanggaran-pelanggaran tiada wajib sehingga permasalahan ritme pertandingan,” ujar dia. 

Tentang kondisi mental para pemain Negara Indonesia pada waktu ini pasca laga menghadapi Timnas U-16 Australia tadi malam, Nova berharap pemain asuhannya telah mampu melupakan kekalahan yang mana dialami. Meskipun itu bukanlah hal yang mana sederhana bagi peserta muda.

“Saya harapkan pemain telah melupakan dikarenakan tiada mudah-mudahan pemain usia muda pasca dikalahkan kemarin dan juga di satu hari harus segera mengatasi mentalnya. Namun harapannya ke latihan hari ini bisa saja enjoy lebih tinggi menikmati pertandingan agar tambahan baik,” ujar dia. 

Artikel ini disadur dari Duel Timnas U-16 Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-16 2024, Nova Arianto Antisipasi Pelanggaran Tak Penting

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button