Olahraga

Pengamat: Timnas U-16 Nusantara Bisa Meraih kemenangan Lawan Australia di Piala AFF U-16, tapi…

JakartaTimnas U-16 Nusantara akan menjamu Australia pada laga semifinal ASEAN U-16 Boys Championship atau Piala AFF U-16 2024 pada Stadion Manahan, Solo, Senin, 1 Juli. Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni menyimpulkan Garuda Muda masih berpeluang untuk meraih kemenangan.

Menurut Kusnaeni, grup kelompok umur Australia tak sekuat kelompok seniornya. Timnas U-16 Indonesia, kata dia, juga miliki kenangan manis di mana mengalahkan Socceroos pada turnamen Piala AFF U-16 2013. Kala itu, Tim Merah Putih menang lewat adu penalti usai bermain imbang 2-2.

“Kalau ditanya bisa jadi (menang), tentunya bisa. Di level U-16, Australia belum sekuat ke level senior. Di dua perlombaan AFF U-16 sebelum ini, Australia juga tiada terlalu sukses. Bisa dimaklumi sebab di dalam Australia, pada kelompok umur pada bawah 17 tahun merekan memang sebenarnya belum terlalu fokus ke pencapaian prestasi,” ujar beliau pada waktu dihubungi Tempo, Senin, 1 Juli 2024.

“Kali ini, Timnas U-16 Negara Indonesia juga punya potensi mengalahkan Australia U-16. Terutama kalau para pemain bisa saja mempertahankan permainan seperti pada waktu menghadapi Laos,” kata Kusnaeni menambahkan.

Pengamat yang tersebut akrab disapa Bung Kus itu menyimpulkan Australia memiliki keunggulan di permainan bola atas, tetapi para pemainnya tiada begitu lincah. Hal ini, kata dia, yang mesti dimanfaatkan oleh anak asuh Nova Arianto. Kusnaeni memaparkan Mierza Firjatullah lalu kawan-kawan harus memainkan sepak bola dengan tempo cepat.

“Pemain Australia lebih banyak lebih tinggi posturnya. Tapi mereka itu tidaklah terlalu cepat serta cenderung kurang lincah.  Indonesia tambahan punya kecepatan lalu kelincahan. Skill individu beberapa pemain Indonesia juga lebih banyak menonjol. Itu salah satu yang harus dimanfaatkan,” ucapnya.

Kendati demikian, Kusnaeni mengingatkan bahwa suporter harus bisa jadi menyikapi pertandingan nanti dengan bijak. Ia memohonkan agar para pemain Timnas U-16 Tanah Air jangan terlalu dibebani untuk selalu meraih kemenangan. “Biarkan Timnas U-16 Negara Indonesia main tanpa beban dan juga menikmati permainan. Dengan cara itu, siapa tahu mereka itu mampu main lebih lanjut bagus dibandingkan dengan laga sebelumnya.”

Duel Timnas U-16 Nusantara vs Australia yang digunakan dimulai pada pukul 19.30 Waktu Indonesia Barat nanti waktu malam akan berubah jadi pertarungan ketiga mereka di turnamen Piala AFF U-16. Socceroos tercatat unggul dengan catatan dua kali menang, berbanding satu milik Garuda Muda.

Artikel ini disadur dari Pengamat: Timnas U-16 Indonesia Bisa Menang Lawan Australia di Piala AFF U-16, tapi…

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button