Olahraga

Ketika Tendangan Salto Jude Bellingham Selamatkan Langkah Timnas Inggris di dalam Euro 2024

Jakarta – Langkah Timnas Inggris masih berlanjut usai lolos ke perempat final Euro 2024. Tendangan salto Jude Bellingham menunda napas The Three Lions di kompetisi empat tahunan tersebut.

Inggris berhasil mengalahkan Slovakia pada fase 16 besar Euro 2024, Minggu, 30 Juni. Laga yang digunakan dijalankan dalam Veltins Arena, Gelsenkirchen, Jerman itu berakhir dengan skor 2-1 lewat putaran tambahan waktu. Bellingham juga Harry Kane berubah menjadi pencetak gol bagi Inggris, sementara satu gol Slovakia dilesakan Ivan Schranz.

Pelatih Gareth Southgate  memberi kredit khusus untuk Bellingham. Menurut dia, sang pemain telah terjadi mencetak dua gol krusial sepanjang turnamen. “Dua gol yang tersebut sangat penting pada kompetisi ini. Dia adalah manusia anak yang digunakan hebat. Dia sangat menyenangkan untuk diajak bekerja sama, ingin melakukannya dengan baik,” ucapnya.

Duel kontra Slovakia bak hidup mati bagi Inggris. Penampilan buruk mereka itu sepanjang fase grup menuai sorotan. Di sedang tekanan dari para suporter, kelompok asuhan Gareth Southgate malah tertinggal tambahan dulu dari Slovakia lewat gol Ivan Schranz pada menit ke-25. Setelah unggul satu gol, Slovakia tampil tambahan bertahan. Permainan hampir sepenuhnya dikendalikan Inggris. Mereka unggul 63 persen penguasaan bola, tetapi sepanjang 90 menit tak ada satu tendangan tepat sasaran yang dimaksud dibuat.

Ketika semua pihak menyangka Inggris akan gugur dengan waktu pertandingan menyisakan 20-30 detik lagi, Bellingham muncul sebagai penyelamat. Berawal dari lemparan sangat Kyle Walker yang digunakan disundul Marc Guehi, bola sesudah itu bergulir ke pada kotak penalti. Bellingham yang lepas dari pengawalan menyambut bola yang disebutkan dengan tendangan salto yang menghujam gawang Martin Dubravka.

Suporter Inggris bersorak. Nasib The Three Lions terselamatkan oleh bocah berusia 20 tahun. Uniknya, itu berubah jadi satu-satunya tendangan tepat sasaran yang digunakan dibuat Inggris selama 90 menit. Gol yang dimaksud menjadi peluang kebangkitan Inggris. Baru satu menit sesi tambahan berjalan, dia berhasil mencetak gol lagi melalui Harry Kane, sekaligus mengunci kemenangan tipis 2-1.

Kane memang sebenarnya berubah menjadi pencetak gol penentu  kemenangan The Three Lions, tetapi gol Bellingham berperan penting untuk memulihkan peluang permainan Inggris. Secara statistik, gelandang jika klub Real Madrid itu tampil gemilang. Ia berubah menjadi pemain yang dimaksud paling banyak memenangi sengketa (11), paling banyak menyentuh bola dalam area pertahanan lawan (9), paling banyak melakukan tackle (4), lalu paling sejumlah meraih kemenangan pelanggaran (3).

Bellingham saat ini tercatat mempunyai koleksi gol yang lebih banyak banyak ketimbang salah satu legenda Inggris, Frank Lampard (3). Tak cuma itu, julukannya sebagai “Big Game Player” juga semakin terbukti. Pemain kelahiran Stroubridge itu tercatat telah dilakukan mencetak enam gol pada masa injury time (empat untuk Real Madrid juga dua untuk Inggris) pada musim 2023-2024 dengan semua golnya memproduksi timnya unggul atau menyamakan kedudukan.

Inggris selanjutnya akan menghadapi Swiss pada putaran perempat final Euro 2024 pada Sabtu, 6 Juli mendatang. Bellingham diprediksi masih bermetamorfosis menjadi salah satu senjata andalan The Three Lions untuk meraih kemenangan.

Pemain Inggris Jude Bellingham mencetak gol ke gawang Slovakia pada pertandingan sesi 16 besar Euro 2024 dalam Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, 30 Juni 2024. REUTERS/John Sibley

REUTERS, OPTA, SQUAWKA

Artikel ini disadur dari Ketika Tendangan Salto Jude Bellingham Selamatkan Langkah Timnas Inggris di Euro 2024

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button