Olahraga

Hasil Copa America 2024: Venezuela Kalahkan Jamaika 3-0, Ekuador Berhasil Perempat Final Usai Tahan Imbang Meksiko

TEMPO.CO, DKI Jakarta – Venezuela berhasil mengalahkan Jamaika pada pertandingan terakhir sesi penyisihan Grup B Copa America 2024 dalam Stadioin Q2, Austin, Texas, pada Senin, 1 Juli 2024. Venezuela menang dengan skor 3-0 berkat gol dari Eduard Bello, Jose Rondon, Eric Ramires sekaligus memantapkan catatan tak terkalahkan kelompok dalam fase grup.

Venezuela mendominasi pertandingan selama 90 menit. Dengan penguasaan bola 52 persen, tim ini berhasil mencetak 18 kesempatan gol juga empat pada antaranya tepat mengarah ke gawang. Adapun Jamaika, dengan 49 persen, berhasil mencetak delapan prospek gol kemudian hanya saja satu yang tepat sasaran. 

Meski dominan, Venezuela baru bisa saja mendapatkan gol pada menit ke-49. Berawal dari Jon Aramburu yang mana melegakan sebuah umpan lambung ke di kotak penalti, Eduard Bello berhasil menyundul bola melintasi penjaga gawang. Poin berubah menjadi satu gol tanpa balas untuk Venezuela.

Pada menit ke-56, Salomon Rondon berhasil melakukan penyelesaian yang klinis setelahnya mendapatkan umpan terobosan dari Yangel Herrera. Ia mengurangi sebuah tembakan rendah jarak dekat yang tersebut berhasil lewati penjaga gawang. Poin berubah menajdi 0-2 untuk keunggulan Venezuela.

Pada menit ke-77, Kaheim Dixon berpeluang memperkecil ketertinggalan Jamaika. Ia menerima sebuah operan yang mana membelah pertahanan lawan di dalam batas kotak penalti. Ia melegakan tendangan ke arah sudut kiri bawah gawang. Kiper Rafael Romo berhasil mengagalkan usaha.

Venezuel justru berhasil memperlebar keunggulan pada menit ke-85, setelahnya sebuah bola terobosan dari Kervin Andrade berhasil dimanfaatkan Eric Ramirez di pada kotak penalti. Angka 3-0 untuk Venezuela.

Meksiko juga Ekuador Bermain Imbang

Pada pertandingan lain, kontes Meksiko dan juga Ekuador berakhir imbang tanpa gol. Meksiko gagal mengonversi sebagian potensi matang yang tercipta selama 90 menit pertandingan.  Statistik menunjukkan bahwa Meksiko berhasil mendominasi 61 persen penguasaan bola, sedangkan Ekuador hanya sekali 39 persen. 

Meksiko juga berhasil menimbulkan 20 kesempatan mencetak gol, tetapi hanya sekali tiga yang digunakan tepat sasaran. Adapun Ekuador sebenarnya tampil lebih besar berbahaya dengan mencetak tiga potensi tepat sasaran dari delapan kesempatan. 

Kemenangan menciptakan Venezuela lolos ke putaran perempat final Copa America 2024 dengan sembilan poin. Ekuador lolos sebagai runner up dengan empat poin juga unggul selisih gol dari Meksiko. Adapun Jamaika berada pada kedudukan juru kunci setelahnya mengantongi tiga kekalahan. 

Artikel ini disadur dari Hasil Copa America 2024: Venezuela Kalahkan Jamaika 3-0, Ekuador Lolos Perempat Final Usai Tahan Imbang Meksiko

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button