Olahraga

11 Fakta Menarik Jelang Duel Prancis vs Belgia pada Babak 16 Euro 2024 Waktu petang Hal ini

Jakarta – Duel Prancis vs Belgia akan berjalan pada putaran 16 besar Euro 2024 atau Piala Eropa 2024 pada Senin, 1 Juli 2024, pada pukul 23.00 Waktu Indonesia Barat pada Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf. Duel ini akan berubah menjadi reuni ke-76 ke antara kedua kelompok yang dimaksud telah berseteru pada semua kompetisi sejak lebih banyak dari 1 abad silam.

“Setan Merah”, julukan Belgia, boleh hanya mempunyai rekor superior secara keseluruhan (Menang 30, seri 19, kalah 26) dari 75 reuni sebelumnya melawan Prancis. Namun, Les Bleus tampil tambahan baik pada pertandingan kompetitif dia belakangan ini.

Prancis pernah mengalahkan Belgia pada semifinal Piala Planet 2018 dengan skor satu gol tanpa balas juga menang 3-2 pada semifinal UEFA Nations League 2021 pada dua pertandingan terakhir. Berikut rangkuman sebagian fakta mengejutkan lainnnya dari laga Prancis vs Belgia. 

  1. Belgia adalah lawan yang tersebut paling rutin dihadapi Prancis, dua kali lebih banyak kerap jika dibandingkan dua pasukan pada bawahnya (39 pertandingan berjuang melawan Italia dan juga Swiss). Prancis telah terjadi meraih kemenangan empat pertandingan terakhirnya berjuang melawan Belgia ke kejuaraan besar (Piala Global + Piala Eropa), mencetak 13 gol serta hanya sekali kebobolan tiga kali. 
  2. Prancis semata-mata mencetak dua gol pada sesi penyisihan grup Euro 2024, terendah yang mana pernah dia cetak pada sesi grup pertandingan besar sejak Piala Planet 2010 (1 gol). Kedua gol Prancis dalam Euro 2024 tercipta melalui gol bunuh diri Max Wober dari Austria kemudian penalti Kylian Mbappe, dengan 47 tembakan (tidak satu di antaranya penalti) tidak ada tercipta gol. 
  3. Belgia sudah pernah mencapai putaran sistem gugur Kejuaraan Eropa ketiga berturut-turut. Mereka telah dilakukan mencapai perempat final Euro 2016 lalu Euro 2020. 
  4. Belgia meraih kemenangan tiap-tiap dari empat pertandingan putaran 16 besar terakhir di kejuaraan besar Piala Global lalu Piala Eropa, sejak kalah dari Brasil dalam Piala Bumi 2002 (0-2).
  5. Prancis seri lima kali dari enam pertandingan terakhir di dalam Euro (menang 1), setelahnya seri empat kali dari 25 pertandingan sebelumnya ke kompetisi yang disebutkan (menang 14 kalah 7). Pada 16 besar Euro 2020, Prancis bermain imbang 3-3 bertarung dengan Swiss, sebelum kalah adu penalti 4-5.
  6. Hanya Serbia yang dimaksud mempunyai persentase gol lebih banyak rendah di dalam sesi penyisihan grup Euro 2024 dengan 3,8 persen melebihi Belgia kemudian Prancis (keduanya 4,2 persen – 2 gol dari 48 tembakan).
  7. Belgia hanya saja mencetak tiga gol pada enam pertandingan pada dua kejuaraan besar terakhir (Piala Bumi 2022 lalu Euro 2024).
  8. Ini akan berubah jadi penampilan Didier Deschamps ke-15 di Piala Eropa, menyamai Lars Lagerback lalu Fernando Santos. Hanya Joachim Low yang digunakan tampil lebih lanjut berbagai pada pertandingan yang disebutkan (21). 
  9. Selama penyisihan grup Euro 2024, Belgia berubah menjadi pasukan dengan persentase operan melanggar garis tertinggi dengan 18 persen. Operan ini adalah operan yang mana menyeberangi garis pertahanan. Secara khusus, Kevin De Bruyne berubah jadi gelandang yang dimaksud paling berbagai menyelesaikan operan yang disebutkan pada fase penyisihan grup (11).
  10. Kylian Mbappe mencetak gol pertamanya di dalam Piala Eropa menghadapi Polandia, mencapai 13 gol antara Piala Eropa juga Piala Dunia, lebih banyak sedikit daripada Michel Platini (14 di 19 pertandingan) untuk Prancis di dua kejuaraan ini.  Mbappe juga belaka terpaut dua gol lagi untuk berubah menjadi pemain Prancis ketiga yang mana mencetak setidaknya 50 gol di semua kompetisi, pasca Olivier Giroud (57) juga Thierry Henry (51).
  11. N’Golo Kante belum pernah kalah satu pertandingan pun untuk Prancis (menang 12 seri 6) di kompetisi besar (Piala Global + Piala Eropa).

Pemain Belgia Kevin De Bruyne berupaya melintasi pemain tanah Ukraina Ruslan Malinovskyi dan juga Oleksandr Tymchyk di pertandingan Grup E Euro 2024 pada Stuttgart Arena, Stuttgart, 27 Juni 2024. REUTERS/Angelika Warmuth

SKOR.ID | TUTTOSPORT

Artikel ini disadur dari 11 Fakta Menarik Jelang Duel Prancis vs Belgia di Babak 16 Euro 2024 Malam Ini

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button