Nasional

SIG membantu pelestarian lingkungan melalui Hutan Daerah Perkotaan SBI Cilacap

Keberadaan Hutan Pusat Kota SBI Pabrik Cilacap membuktikan komitmen SIG Group pada mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia

Jakarta – PT Semen Indonesia Tbk (Persero) (SIG) meningkatkan upaya pelestarian lingkungan melalui anak usahanya, PT Solusi Bangun Negara Indonesia Tbk (SBI), dengan merancang hutan kota menggunakan separuh tambahan lahan pabriknya di Cilacap.

Keberadaan Hutan Daerah Perkotaan SBI Pabrik Cilacap membuktikan komitmen SIG Group pada mewujudkan perkembangan berkelanjutan dalam Indonesia,” ucap Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni di pernyataannya di dalam Jakarta, Kamis.

Ia menuturkan bahwa hutan kota yang disebutkan berlokasi di dalam Jalan Ir. H. Juanda, Cilacap Utara, Daerah Cilacap, Jawa Tengah, dengan luas mencapai 64 hektare (ha), atau 54,2 persen dari total lahan pabrik SIB yang dimaksud mencapai 118 ha.

Terdapat 200 ribu spesies vegetasi dalam area hijau tersebut, di antaranya trembesi, mahoni, bayur, laban, sengon buto, kelengkeng, jambu kristal, jambu demak, dan juga durian.

Selain itu, ada pula pohon meranti jika Kalimantan dan juga Sulawesi yang tersebut ditanam dalam melawan lahan konservasi khusus seluas 10 ha.

Di di hutan kota yang dimaksud juga dibangun penangkaran rusa timor (Cervus timorensis) hasil kerja sejenis dengan Balai Konservasi Narasumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah. Kini terdapat 40 ekor rusa timor pada area pelestarian tersebut.

Berkat keadaan lingkungan yang digunakan lestari, hutan kota yang disebutkan pun menyita perhatian bervariasi fauna lainnya, seperti ayam hutan, burung kemudian beberapa jenis mamalia.

“Selain bermetamorfosis menjadi tempat hidup bagi keanekaragaman hayati di dalam sekeliling wilayah operasional pabrik, hutan kota ini juga berfungsi sebagai tempat peresapan air, carbon capture, produsen oksigen, dan juga menambah estetika kota,” kata Vita.

Ia menyampaikan bahwa pemeliharaan terhadap keanekaragaman hayati berubah menjadi salah satu fokus perseroan yang mana sudah pernah diatur pada SIG Sustainability Road Map 2030 dikarenakan hal yang dimaksud penting untuk mempertahankan keseimbangan biosfer alam juga mempertahankan keberlangsungan hidup manusia.

Di samping upaya konservasi dalam hutan kota, SBI Pabrik Cilacap juga melakukan penyertaan pohon endemik dalam semua area pascatambang batu gamping ke Pulau Nusakambangan juga menyediakan rumah bibit.

SBI Pabrik Cilacap juga menyumbangkan mangrove jenis Rhizophora mucronata di dalam area pesisir Nusakambangan banyaknya 9.500 pohon hingga 2023 juga pohon pelahlar (Dipterocarpus littoralis) yang digunakan merupakan flora endemik Nusakambangan.

“SIG kemudian seluruh entitas bisnisnya berazam untuk terus memperkenalkan proteksi keanekaragaman hayati sebagai warisan bagi generasi penerus lalu upaya menciptakan keberadaan yang lebih besar baik di masa sekarang dan juga mendatang,” imbuh Vita.

Artikel ini disadur dari SIG dukung pelestarian lingkungan melalui Hutan Kota SBI Cilacap

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button