Ekonomi

Basuki Hadimuljono Sebut Pembangunan Istana juga Rumah Menteri ke IKN Sudah 82 Persen

Yogyakarta – Menteri Pekerjaan Umum juga Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan ketika ini progres perkembangan istana dan juga rumah menteri pada Ibu Pusat Kota Nusantara (IKN) sudah ada mencapai 82 persen. 

“IKN  sudah 82 persen. Nanti pasca 20 Juli nanti semua akan kelihatan hasilnya. Kalau sekarang lagi penyelesaian 82 persen,” kata Basuki usai Upacara Pengarahan serta Penerjunan siswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Publik pada Gedung Pusat (Balairung) Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat, 28 Juni 2024.

Basuki menjelaskan rata-rata progres konstruksi yang dimaksud mencapai 82 persen itu meliputi istana, kantor presiden, kantor-kantor menteri koordinator, rumah jabatan menteri, rumah Aparatur Sipil Negara (ASN) 12 tower.

“Insya Allah akan bisa jadi kita selesaikan pada Juli,” tutur Basuki.

Ia memperkirakan perpindahan para menteri ke ibu kota baru itu kemungkinan setelahnya Agustus 2024. “Kalau pindahnya nanti setelahnya Agustus, sebab Agustus dipakai dulu untuk upacara 17-an,” kata Basuki.

Menteri Koordinator Pembangunan Individu dan juga Kebudayaan Muhadjir Effendy sebelumnya mengungkapkan penyelenggaraan Upacara HUT Ke-79 RI dijalankan IKN lalu dalam Istana Kepresidenan Jakarta.

Muhadjir mengemukakan pelaksanaan upacara di IKN dipimpin segera oleh Presiden Jokowi dengan didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sedangkan, Upacara HUT Ke-79 RI ke Komplek Istana Kepresidenan DKI Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan didampingi duta presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Presiden Jokowi menyebutkan alasan upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 diselenggarakan di dalam dua posisi dikarenakan pada waktu ini masih pada masa transisi perpindahan dari DKI Jakarta ke IKN. BIla sudah ada ada Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke IKN maka upacara 17 Agustus 2025 akan dijalankan pada IKN.

Artikel ini disadur dari Basuki Hadimuljono Sebut Pembangunan Istana dan Rumah Menteri di IKN Sudah 82 Persen

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button