Lifestyle

Pura Mangkunegaran Surakarta bersiap gelar kejuaraan kirab 1 Sura

Solo – Pura Mangkunegaran di Pusat Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, bersiap melaksanakan kirab 1 Sura pada Hari Minggu (7/7) pukul 19.00 Waktu Indonesia Barat untuk menyambut tahun baru pada penanggalan Jawa.

Pengageng Praja Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X mengutarakan bahwa sebagaimana pada tahun sebelumnya, kirab tahun ini akan dilaksanakan berpegang pada tradisi juga pakem.

"Namun dengan adanya penyesuaian, mengingat banyak yang mana hadir serta terlibat," katanya pada Solo, Jumat.

Ia memaparkan bahwa rute kirab sudah ada diperpanjang. Sebelumnya partisipan kirab hanya mengitari bangunan Pura Mangkunegaran, tetapi saat ini rute kirab sampai ke Jalan Slamet Riyadi.

"Kami menawan lebih tinggi jarak jauh ke Ngarsopuro hingga Slamet Riyadi. Dengan dibangunnya koridor Ngarsopuro harapannya secara kebudayaan mampu lebih tinggi melibatkan penduduk sekitar," katanya.

Sebagaimana sebelumnya, KGPAA Mangkoenagoro X menjelaskan, kirab 1 Sura mencakup tapa bisu atau berjalan di kesunyian.

"Ini sebagai upaya untuk mewujudkan kebebasan batin dari gangguan mental hawa nafsu kemudian emosi, dan juga memperoleh keseimbangan batin pada memasuki tahun yang baru," katanya.

Dia mengutarakan bahwa pusaka-pusaka milik Pura Mangkunegaran juga akan dikirab. "Jumlah pusaka nanti lihat di dalam hari H," katanya.

KGPAA Mangkoenagoro X​​​​​​​ menyampaikan bahwa warga juga boleh terlibat kirab.

"Kalau mengambil bagian kirab kami akan senang sekali, yang penting sama-sama nyengkuyung (mendukung) kebudayaan dengan rasa kebersamaan," katanya.

Artikel ini disadur dari Pura Mangkunegaran Surakarta bersiap gelar kirab 1 Sura

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button