Ekonomi

Jokowi Bakal Ngantor di IKN Juli, PUPR: Sudah Kita Siapkan, Mudah-mudahan Sesuai Rencana

Palangka Raya – Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti, menegaskan kantor presiden dalam IKN dapat mulai ditempati pada Juli.

“Kantor presiden juga alhamdulillah, mudah-mudahan akhir Juli ini nanti bilah-bilah garuda juga sudah. Sumbu kebangsaan yang digunakan di depan istana juga sudah ada selesai. Kantor menko-menko nanti fungsional untuk bisa saja digunakan. Jalan di dalam depan istana presiden mudah-mudahan nanti sanggup dikebut untuk Juli ini selesai semua,” kata Diana seperti dikutipkan dari Antara, Kamis, 27 Juni 2024.

Hal ini, menurut Diana, sesuai rencana Presiden Jokowi untuk berkantor ke IKN pada bulan depan atau sebulan sebelum penyelenggaraan rangkaian acara peringatan tegas HUT Kemerdekaan RI.

“Sudah kita siapkan. Kemudian Pak Bas kan nanti akan tinggal dalam sana, Presiden juga akan tinggal di sana. Mudah-mudahan sesuai rencana,” ujar Diana.

Hal ini disampaikan Diana saat mendampingi Presiden Jokowi pada Peresmian Rehabilitasi juga Renovasi Sarana kemudian Prasarana Pendidikan di dalam Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada hari ini.

Soal pengerjaan istana kepresidenan, menurut Diana, khususnya pada bagian lapangan, eksterior, dan juga interior telah hampir rampung tetapi masih akan diperlukan masa pemeliharaan.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono sebelumnya mengutarakan jadi tidaknya Kepala Negara berkantor ke IKN masih mengawaitu kesiapan infrastruktur mendasar yaitu pasokan air air bersih serta bandara IKN, yang dimaksud akan berlokasi ke Wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Meskipun pengerjaan bandara ditargetkan rampung Agustus mendatang, Heru menyatakan masih diperlukan pengecekan lebih banyak lanjut dan juga menjamin izin operasional bandara tersebut.

“Ya kan ada air, ada bandara. Kemarin bandara (ditargetkan) bisa saja selesai Agustus lah, ya. Dan hasil informasi yang dimaksud saya dapat tentunya masih harus penyempurnaan,” kata Heru.

Adapun pemerintah terus mematangkan persiapan rangkaian acara peringatan serius HUT Ke-79 RI, yang tersebut akan dimulai dengan kegiatan zikir bersatu pada 1 Agustus 2024.

Berbeda dari rencana awal untuk menyelenggarakan seluruh rangkaian acara peringatan serius HUT tahun ini di dalam IKN, Heru mengatakan kegiatan selama 1-17 Agustus mendatang akan diselenggarakan secara luring lalu daring, di IKN kemudian Jakarta.

Lebih jauh, Diana memastikan PUPR terus mengupayakan kemajuan pengerjaan bermacam sarana kemudian prasarana di IKN agar siap digunakan sebelum Upacara HUT ke-79 RI pada Agustus mendatang.

Perihal infrastruktur IKN, kata Diana, khususnya yang dimaksud dari Kementerian PUPR secara keseluruhan baik dari air, bina marga, serta perumahan batch pertama telah 82 persen terbangun. Kementerian PUPR memiliki target beberapa jumlah infrastruktur mendasar yaitu pasokan air minum, istana kepresidenan, kantor presiden, jalan tol, kemudian memorial park untuk bisa saja fungsional lalu dimanfaatkan pada akhir Juli ini.

Artikel ini disadur dari Jokowi Bakal Ngantor di IKN Juli, PUPR: Sudah Kita Siapkan, Mudah-mudahan Sesuai Rencana

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button