Lifestyle

Tips memasak jeroan untuk kreasi hidangan Idul Adha

DKI Jakarta – Dalam perayaan Idul Adha seringkali masyarakat mengolah daging untuk hidangan yang mana berkuah santan seperti tongseng, rendang, semur, malbi daging khas Palembang atau sate.

Koki selebritas Devina Hermawan memberikan salah satu rekomendasi hidangan lain selain kuah santan yang tersebut juga dapat disajikan sebagai kreasi hidangan ketika Idul Adha dari materi jeroan.

“Kadang di Idul Adha suka dapat jeroan, itu jadi hidangan yang bukan terlalu kerap dimasak di rumah tapi kalau ada bagi yang mana suka itu jadi spesial,” katanya pada waktu ditemui media di konferensi pers Kitchenette Kitchen Takeover di Jakarta, Jumat.

Untuk hidangan menggunakan jeroan sapi, Devina merekomendasikan untuk mengkreasikannya menjadi sambal paru. Dalam memproduksi sambal paru, bagian paru harus dipersiapkan dengan baik agar tiada bau ketika dimasak.

Prosesnya potong kecil-kecil paru mentah lalu cuci juga bilas paru dengan air mengalir untuk menghurangi darahnya. Proses ini sanggup diulang tiga hingga empat kali sampai air bilasan berubah menjadi bening.

Setelah itu, marinasi paru dengan garam juga tepung tapioka untuk menghurangi bau paru. Marinasi paru selama 30 menit hingga satu jam.

“Garam untuk ia meresap ke paru, dan juga tapioka akan menurunkan bau paru,” katanya.

Setelah itu, cuci kembali paru yang mana sudah pernah termarinasi dengan garam kemudian tepung tapioka di dalam air mengalir sampai tepung menghilang. Jika sudah ada bersih, potongan paru dapat direbus dengan potongan jahe sampai empuk, atau kira-kira 30-35 menit.

Jangan lupa untuk membuang air rebusan paru, rute ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau paru dan juga memproduksi paru semakin empuk. Setelah itu olah paru sapi untuk dijadikan sambal paru yang mana nikmat.

Berikut resep sambal paru yang diambil dari kanal YouTube Devina Hermawan untuk inspirasi hidangan Idul Adha.

Sambal Paru (untuk 5 porsi)

Bahan marinasi:
400 gram paru sapi
1 sdm garam
4 sdm tepung tapioka

Bahan bumbu halus:
10 siung bawang merah
7 siung bawang putih
200 gr cabai merah juga cabai merah keriting
6 buah cabai rawit merah

Bahan lainnya:
100 ml minyak
6 buah cabai rawit merah
1 batang serai
5 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas
1 sdt asam jawa
2 sdm gula merah
300 ml air
1 sdt garam
1 sdt kaldu jamur atau kaldu sapi bubuk
½ sdt penyedap

Cara membuat:

1.Potong kotak paru sesudah itu cuci hingga bersih
2. Marinasi paru dengan garam lalu tapioka, aduk rata. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Rebus paru selama 30-35 menit, tiriskan.
3. Masukkan cabai merah, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih kemudian bawang merah ke pada food processor, haluskan hingga sedikit kasar.
4. Geprek serai kemudian lengkuas. Panaskan minyak, masukkan paru, lengkuas, serai, lalu daun jeruk, masak hingga kecokelatan.
5. Masukkan bumbu halus masak hingga wangi kemudian masukkan air, garam, gula pasir, kaldu jamur, penyedap, asam jawa dan juga cabai rawit utuh. Masak hingga meresap.
6. Sambal paru siap disajikan.

Artikel ini disadur dari Tips memasak jeroan untuk kreasi hidangan Idul Adha

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button